Antusiasme Peserta Warnai Rangkaian OMB 2017 Hari Pertama

Antusiasme para peserta dan panitia OMB UMN ketika melaksanakan rangkaian OMB di lapangan UMN pada Senin (21/08/2017).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Antusiasme para peserta menghiasi atmosfer hari pertama rangkaian Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) 2017, Senin (21/08/17) di area Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Para mahasiswa baru (maba) terlihat bersemangat dalam mengikuti berbagai rangkaian OMB dari awal hingga akhir tanpa ada kendala yang berarti.

“OMB hari ini sih keren, seru, dan walaupun bikin capek, sebanding sama pembelajaran yang bisa diambil,” seru Dionisius Adrian, mahasiswa baru asal program studi Jurnalistik. 

Para peserta dan panitia OMB UMN ketika melaksanakan upacara.

Dion adalah satu dari 1.799 maba yang mengikuti rangkaian OMB hari pertama. Diawali dengan upacara bendera pada pukul 07.00 WIB, upacara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Ika Yanuarti yang memimpin upacara pagi itu. Rektor UMN Ninok Leksono juga turut menyapa dan menyampaikan sambutannya kepada maba dan panitia yang mengikuti upacara.

Rektor Universitas Multimedia Nusantara Ninok Leksono.

Selepas upacara, setiap kelompok diberikan kesempatan untuk menunjukkan ikon kelompoknya. Ikon tersebut merupakan salah satu tugas kelompok OMB yang harus dikerjakan para maba. Berkaitan dengan tugas, satu hal yang menjadi sorotan sebelumnya adalah porsi tugas OMB yang dirasa cukup banyak. 

Meskipun begitu, berdasarkan keterangan beberapa maba yang ditemui ULTIMAGZ hal ini tidaklah menjadi masalah. Mereka mengakui justru tugas-tugas seperti inilah yang mengasah kemampuan individu untuk beradaptasi dengan kegiatan perkuliahan.

(Para peserta OMB UMN Konten Prodi HMFSD: Theresia (kiri), Imelda (tengah), Tricia (kanan))

“Tugas yang diberikan malah membantu kita biar tau gambaran tugas kita gimana kedepannya hubungannya sama jurusan kita,” terang Imelda Aili, salah satu maba Fakultas Seni dan Desain (FSD).

Acara dilanjutkan dengan berkeliling area kampus dalam sesi perkenalan kampus. Para maba diperkenalkan dengan berbagai perangkat, departemen, dan organisasi yang ada di kampus. Mereka juga diberi kesempatan untuk bertanya kepada pembicara seperti perwakilan bagian keuangan, perpustakaan, dan kemahasiswaan.

Selanjutnya, para maba diarahkan untuk mengikuti Konten Prodi yang terbagi dalam dua sesi. Dalam Konten Prodi Ilmu Komunikasi, sesi pertama diisi dengan pengenalan gambaran program studi dan sambutan dari ketua program studi. Diikuti dengan sharing alumni dan pemaparan kegiatan pembelajaran.

Kemudian, sesi kedua diwarnai dengan berbagai permainan yang tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kekompakan antar kelompok tetapi juga semakin mendekatkan anggota kelompok.

Setelah Konten Prodi, para maba mengikuti kuliah PIC yang menjadi penutup rangkaian OMB hari pertama. Ditemui seusai acara, salah satu mahasiswa dari program studi Jurnalistik, Kevin Sugiono mengomentari jalannya OMB hari pertama. 

Para peserta OMB UMN Konten Prodi I’MKOM: Dion (kiri) dan Kevin (Kanan)

 

“Belajar sabar dan kerja sama sih. Bonding di sini kerasa. Ditambah dengan temen-temen yang asyik, seru, dan juga PIC maupun panitia yang seru dan baik. Gue juga mau jadi PIC atau panitia lainnya di tahun depan. Biar bisa nuntun dan care sama maba tahun depan,” tutup Kevin.

Penulis: Gabrielle Alicia Wynne Pribadi

Editor: Christian Karnanda Yang

Fotografer: Harvey Darian

 

  • Champ

    Artikelnya bagus, jd tau bagaimana kondisi orientasi di kampus2 sekarang. Tapi permalink nya tolong diganti ya, don’t use author name ok. Thank you.