Forum OMB UMN 2017 Diskusikan OMB yang Lebih Baik

Suasana Forum Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) yang diadakan oleh panitia OMB 2017 untuk para mahasiswa baru yang ingin bertanya, mengkritik, atau pun memberi saran bagi kegiatan OMB 2017 di Lecture Hall (LH) gedung C UMN, Kamis (31/08/17).
Share:

ULTIMAGZ.com – Dalam rangka mewadahi aspirasi mahasiswa baru dan menyalurkan hasil kerja panitia, sebuah forum Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) diselenggarakan di Lecture Hall UMN pada Kamis (31/08/17). Partisipasi mahasiswa baru di Forum OMB tahun ini melebihi tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari banyaknya mahasiswa baru yang menempati seluruh kursi di dalam Lecture Hall bahkan sejak sebelum acara dimulai.

Forum dibuka dengan doa dari Wakil Ketua OMB 2017 Diana Valencia, kemudian sambutan dari perwakilan Student Development Aryo Gurmilang dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Ika Yanuarti. Dalam kata sambutannya, Ika menjelaskan pandangannya terhadap efektivitas pelaksanaan waktu OMB yang hanya diselenggarakan selama dua hari.

“Dengan memanfaatkan kekurangan, dua hari itu dengan memaksimalkan, dengan mengoptimalkan, maka hasilnya lebih bagus. Tidak perlu sistem perpeloncoan yang memberatkan, sekarang lebih tertata dan ada manfaatnya,” terang Ika.

Acara lalu dilanjutkan dibawah panduan Ketua OMB 2017 Rakadetyo Alif yang membacakan hasil survei kegiatan OMB yang sebelumnya telah disebarkan melalui website resmi OMB UMN. Berdasarkan survei tersebut, dapat disimpulkan bahwa mayoritas peserta OMB puas terhadap kinerja panitia maupun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan.

Selain pembacaan survei, ada juga sesi tanya jawab dimana para mahasiswa baru diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait kegiatan OMB yang telah berlangsung minggu lalu. Pertanyaan mengenai konsep green living menjadi salah satu perhatian utama. Mahasiswa baru mempertanyakan makna konsep tersebut karena tugas yang diberikan masih menggunakan kertas dan kemasan makanan yang dikonsumsi juga masih memakai wadah sekali buang.

Beberapa mahasiswa baru tidak hanya memberikan pertanyaan, namun juga masukan bagi kelangsungan OMB berikutnya. Seorang mahasiswa baru bernama Adryansyach Prasetya Caesario menyarankan tugas untuk OMB di waktu yang akan datang dapat berupa online atau vlog. Penanya lain yang bernama Rama Sidharta Putra juga menyarankan agar kegiatan OMB berikutnya dapat berupa kegiatan aksi sosial. Menanggapi saran-saran tersebut, panitia mengaku telah memperhitungkan dan mensimulasikan ide tersebut, melihat dari sisi efisiensi dan kontribusi mahasiswa baru secara menyeluruh.

Hal lain yang dibicarakan dalam sesi tanya jawab adalah kualitas sound system yang kurang memadai dan standar kriteria pakaian yang kurang jelas. Beberapa peserta merasa panitia yang bertugas memeriksa kelengkapan tugas dan pakaian memiliki standar yang berbeda-beda.

Berbagai pertanyaan, kritik, saran, hingga penghormatan dilontarkan mahasiswa baru untuk para panitia OMB. OMB tahun ini dinilai lebih singkat dari sebelumnya, akan tetapi ada konten baru yang ditambahkan.

Para peserta maupun panitia disarankan untuk menceritakan pengalaman positif OMB UMN kepada orang tua. Hal ini guna memberikan pemahaman orang tua maupun paradigma baru terhadap OMB pada masa kini.

 

Penulis: Gabrielle Alicia Wynne Pribadi

Editor: Hilel Hodawya

Photographer: Elvira Lisa G