Another Trip To The Moon, Film Dengan Perasaan

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Film bergenre surealis berjudul Another Trip To The Moon arahan Ismail Basbeth diputar dalam sesi Special Screening UMN Cinema Festival (UCIFEST) di Lecture Hall C Building, Universitas Multimedia Nusantara, Senin (16/11). Cornelio Sunny, aktor dan co-producer film tersebut hadir dalam sesi tanya jawab pada acara ini.

Film yang dibintangi oleh Tara Basro (Asa), Ratu Anandita (Laras), dan Cornelio Sunny (manusia anjing) ini tidak memiliki dialog. Dengan genre surealis yang tak biasa, penonton bebas menginterpretasikan film ini dan memaknainya sendiri. “Film ini memang sengaja dibuat tanpa naskah, dan tanpa kita membatasi meaning-nya di penonton. Karena film ini dibuat berdasarkan perasaan,” ujar Cornelio.

“Kita semua (tim produksi) membuat film ini berdasarkan perasaan yang sama. Hanya sekedar perasaan saja. Jadi, kita tidak butuh script atau arahan dan sebagainya,” tambahnya.

Menurut Cornelio, ide film ini tercetus saat Ismail pulang dari Jerman dan bertemu dengannya. “Dia (Ismail) cerita kepada saya tentang pemikiran dia ini. Awalnya, film ini berbentuk puisi,” ujar Cornelio. Ia juga mengatakan bahwa pada akhirnya, penonton-lah yang menentukan arti film ini dan tidak ada yang salah dengan apapun artinya.

“Bisa tentang lovers, sahabat, tentang kembali ke tempat yang seharusnya, titik balik, dan lain-lain. Dan itu tidak salah karena memang itulah tujuan Ismail dan tim,” tutup Cornelio.

Sedangkan untuk sisi budaya, film ini mengambil latar di hutan buatan dan di sebuah rumah. Bahasa dalam lantunan yang menjadi backsound berasal dari Sanskrit, Kalimantan, dan berbagai bahasa lainnya. Film ini ditayangkan perdana di ajang Hivos Tiger Awards di International Film Festival Rotterdam 2015.

 

Penulis: Alif Gusti Mahardika

Editor: Ghina Ghaliya

Foto: Evelyn Leo