David H. Ross: Membuat Karakter Superhero Bukan Hal yang Mudah

Illustrator Senior dan Comic Artist Marvel, Dc, dan Dark Horse David H. Ross hadir sebagai salah satu pembicara dalam talkshow Compotition & Layout for Comics, Animation and Film yang diadakan di Lecture Hall UMN pada (09/05/2017).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Diselenggarakan di Lecture Hall Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Selasa (09/05/2017), seminar Compotition and Layout for Comics, Animation and Film menghadirkan Illustrator Senior dan Comic Artist Marvel, DC, dan Dark Horse David H. Ross sebagai pembicara.

Dalam seminar ini, Dave, sapaan akrab David, membagikan pelbagai ilmu terkait komposisi dan layout. Menurutnya, membuat sosok karakter superhero bukanlah perkara yang mudah, karena banyak langkah yang harus dilalui dan konstruksi dasar sketsa harus benar-benar diperhatikan.

“Menggambar wajah memang merupakan bagian yang menarik. Tetapi, ketika berbicara tentang gestur harus memperhatikan hubungan badan dan pinggul,” jelas pria asal Kanada itu.

Ia juga menambahkan, untuk memulai sebuah sketsa, dapat dimulai dari torso atau badan, Hal ini dapat membantu memudahkan dalam menentukan gestur dari karakter. Selain itu, Dave juga memberikan saran tentang pengaturan panel komik, sudut pandang atau angle, dan framing.

Pun, Dave juga memaparkan dengan terbuka pengalaman-pengalaman yang ia miliki selama puluhan tahun berkecimpung di industri komik dan animasi Amerika Serikat itu.

“Para comic artist yang sedang menggarap proyek bersama, terkadang tidak saling kenal. Bahkan, tidak pernah bertatap muka. Tapi, kami menghormati pekerjaan masing-masing dan seringkali hanya menebak saja apa keinginan dari comic artist yang lain,” paparnya ketika ditanya oleh salah satu peserta seminar perihal cara koordinasi antar komikus dalam menentukan komposisi panel komik dengan teks.

Kemudian, Dave juga sempat menunjukkan skill menggambaranya dengan membuat tiga sosok karakter komik Marvel, yakni Wolverine, Hulk, dan Spiderman dalam waktu kurang dari 15 menit yang mengundang decak kagum para peserta. Saat ini, Dave tengah menggarap komik Ironman Series edisi spesial untuk Marvel dan proyek komik Star Wars untuk Dark Horse Comics.

 

Penulis: Naufal Abrori Suprapto

Editor: Nathania Zevwied Pessak

Foto: Evan Andraws