IMAGO 2017: Kemas Ide Cerita dalam Tugas Akhir

Peserta Seminar Bedah Karya Animasi IMAGO menyimak pesan-pesan Tugas Akhir pembicara dari awal sampai akhirnya selesai Animasinya. Acara ini berlangsung di Function Hall, UMN, Rabu (11/10/17)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Hari ketiga IMAGO 2017: Oasis menyelenggarakan bedah karya animasi dengan menghadirkan alumni dari prodi animasi UMN, Rabu(11/10/17). Selain melakukan pemutaran dari film animasi yang mereka buat, para alumni juga membagikan kiat-kiat tentang apa yang harus dipersiapkan guna menyelesaikan sebuah karya film animasi. 

“Ketika sudah berniat untuk membuat film, segeralah mulai dan selesaikan story board-nya dari awal hingga akhir. Jangan sampai berhenti untuk mengedit. Biarin aja dulu sampai selesai, baru sehabis gambaran alurnya selesai, kita evaluasi,” ujar Bobby Fernando, mahasiswa UMN angkatan 2013 yang telah menyelesaikan film animasinya berjudul Mundur sebagai tugas akhir.

Bobby Fernando (kiri) memberikan pengetahuan mengenai persiapan Tugas Akhirnya yang berjudul Mundur kepada peserta seminar bedah karya di acara IMAGO yang diselenggarakan di Function Hall UMN, Rabu (11/10/17)

Find a reason for everything.  Yakinkan diri kalian kalau apa yang dibuat akan bisa dinikmatin sama penonton. Buat setiap adegan ceritanya memiliki makna, dan koheren setiap plotnya,” tambah Bobby memberi kiat- kiat kepada mahasiswa yang hadir.

Senada dengan Bobby, dua alumni lainnya, yaitu Ivana Sari dan Popi Mitaya juga mengungkapkan hal serupa mengenai pentingnya menyusun cerita yang menarik. Keduanya membuat tugas akhir film animasi dan berhasil masuk ke nominasi ‘Official Selection Cardiff International Film Festival’ di Inggris dengan judul Batang Garing.

“Ide awal itu penting karena menentukan jalan cerita. Karena itu, idenya harus kuat, perlu riset yang banyak untuk mendapatkan ide awal yang matang,” ujar Ivana.

Bener banget. Jangan lupa selalu pertanyakan cerita apa yang ingin dibuat, bagaimana plotnya dan juga penyampaiannya ke penonton. Ingat, visual adalah media yang sangat kuat untuk menyampaikan sesuatu. So, gunakanlah sebaik mungkin imajinasi kalian dan tuangkan itu dalam visual sehingga mendapatkan hasil yang maksimal,” tambah Popi.

Ivana Sari dan Popi Mitaya (dari kiri ke kanan) memberikan proses selama mereka Tugas Akhir, dari pembuatan konsep sampai akhirnya film animasi berjudul Batang Garing terbentuk kepada seminar Bedah Karya IMAGO yang diselenggarakan di Function Hall UMN, Rabu (11/10/17)

Penulis: Rafael Ryandika

Editor: Christoforus Ristianto

Foto: Elvira Lisa