Open Forum TI 2016, Upaya HIMTI Majukan Teknik Informatika

Suasana acara Open IT Forum 2016 yang diadakan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Multimedia Nusantara di Student Lounge
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Sebagai agenda tahunan, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) UMN mengadakan program Open Forum IT 2016 pada hari Kamis (25/2) di Student Lounge. Bertemakan “Membangun proses akademik, fasilitas, serta himpunan untuk kemajuan Teknik Informatika UMN”, program ini merupakan upaya HIMTI untuk mengadakan diskusi antar mahasiswa, kaprodi dan dosen, serta anggota dari HIMTI terkait masalah serta informasi perkuliahan, baik akademik maupun non-akademik.

“Tujuan diadakannya acara ini adalah supaya HIMTI bisa me-mediasi mahasiswa Teknik Informatika dengan kaprodi dan atasannya, untuk menyampaikan keluhan-keluhan mahasiswa dan lain-lain,” jelas Ryan Permana selaku ketua acara yang juga anggota divisi kemahasiswaan HIMTI.

Selain dihadiri oleh mahasiswa Teknik Informatika dari angkatan 2012 hingga 2015, menurut Ryan, acara tahun ini memiliki kesuksesan tersendiri yaitu dengan hadirnya kaprodi Teknik Informatika, Maria Irmina P.

“Soalnya tahun lalu kaprodinya gak datang, tapi tahun ini datang. Jadi mereka (mahasiswa) bisa ditanggapi langsung oleh kaprodi,” ujar Ryan. Selain Maria, beberapa dosen Teknik Informatika seperti Aryo Wicaksana dan Michael Saputra juga turut hadir.

Acara ini berlangsung kurang lebih selama dua setengah jam, dari pukul 17.30 WIB sampai 20.00 WIB. Acara dimulai dengan permainan sebagai ice breaker, dilanjutkan sesi pertama yakni sesi akademik. Di sesi ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya, memberikan komentar, atau kritik terhadap kegiatan perkuliahan di bidang akademik seperti mekanisme pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), peminatan program studi, kinerja dosen, dan lain-lain.

Sesi kedua adalah sesi non-akademik. Mekanismenya sama seperti sesi pertama, namun topik pada sesi ini berkaitan dengan hal-hal non-akademik seperti Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), organisasi, dan lain-lain. Selama acara berlangsung, beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan kepada kaprodi dan dosen yang kemudian langsung ditanggapi, serta diskusi antar mahasiswa.

Sesi terakhir yakni perkenalan HIMTI generasi enam serta penjabaran program-program kerja yang telah dan akan dilakukan.

Selain itu, di tengah-tengah acara, ada sambutan dari ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan ketua Dewan Keluarga Besar Mahasiswa (DKBM). Acara ditutup dengan permainan dan kuis berhadiah.

 

Penulis : Christian Karnanda Yang
Editor : Alif Gusti Mahardika
Gambar : Pricillia Tania