Teater KataK Pukau Penonton dengan Les Miserables

Teater KataK menyuguhkan penampilan jenaka hingga menyedihkan, dalam pementasan ke-43 bertajuk Les Miserable di Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta, Sabtu (28/5).
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Teater KataK sukses menggelar pementasannya yang ke-43 bertajuk Les Miserables pada Sabtu (28/5), di Gedung Kesenian Jakarta. Pementasan ini memukau para penontonnya dengan jalan cerita yang sarat pesan dan makna.

Les Miserables sendiri diadaptasi dari novel karangan Victor Hugo yang ditulis pada tahun 1862. Karya tersebut merupakan karya Hugo yang paling sukses, bahkan terkenal hingga ke luar Paris. Selain itu, kisah ini juga sering kali diadopsi sebagai drama musikal dalam beberapa bahasa, mulai dari Bahasa Prancis, hingga Inggris. Kini, Les Miserables ditampilkan dalam bahasa Indonesia oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) teater Universitas Multimedia Nusantara ini.

“Pementasan ini sudah direncanakan sejak September (tahun lalu). Tepatnya sebelum kami mementaskan Hamlet di Gedung Kesenian Jakarta. Sudah merupakan kebiasaan kami untuk menetapkan target jauh sebelum proses,” ujar Venantius Vladimir Ivan Pratama selaku sutradara Les Miserables.

Dalam pementasannya kali ini, Teater KataK ingin menonjolkan unsur keadilan serta pelayanan. Pemain Les Miserables pun merasa tertantang untuk menyampaikan pesan dari cerita ini kepada penonton lewat akting serta pendalaman peran yang maksimal.

“Saya cukup tertampar mendapatkan peran ini karena bagaimana saya bisa menjiwai tokoh yang sedang berusaha bertobat, jika saya sendiri belum bertobat? Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Teater KataK atas kepercayaannya untuk memerankan tokoh ini,” ujar Riski Safaat, pemeran Jean Valjean dalam Les Miserables.

Para pemain Les Miserables membawakan setiap karakternya hingga membuat para penonton seolah ikut serta masuk ke dalam cerita. Banyaknya adegan lucu yang ditampilkan juga membuat para penonton dikenyangkan dengan tawa.

“Saya selalu tertarik tiap kali teater Katak mengadakan pementasan dan kali ini saya tidak dibuat kecewa. Mereka bermain dengan sangat indah. Mereka menyanyikan lagu-lagu yang indah dalam pementasan ini. Selamat untuk teater KataK,” ujar Yolanda Cindy, salah satu penonton dalam pementasan teater KataK.

Pementasan Les Miserables dilaksanakan dua kali pada 28 dan 29 Mei 2016. Selain Les Miserables, Teater KataK juga pernah menampilkan pementasan lain bertajuk Khatulistiwa, Kebun Ceri, dan masih banyak lagi.

Penulis : Natalia Setiawan
Editor : Agustina Selviana
Fotografer : Aditya Bhagas