Kolesterol Bukanlah Penyebab Utama Penyakit Jantung

Dr. Sandi Perkasa, Sp.PD. menjadi pembicara seminar "Kolestrol & Kesehatan Jantung" yang merupakan salah satu dari rangkaian acara ALIVE 3.0, Senin (20/11) lalu di Function Hall, Universitas Multimedia Nusantara. (ULTIMAGZ/NADINE)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Makanan yang mengandung kolesterol disinyalir menjadi penyebab utama seseorang menderita penyakit jantung. Namun hal tersebut ternyata keliru seperti dituturkan oleh salah satu Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Omni, dr. Sandy Perkasa Sp.PD.

“Makanan yang mengandung kolesterol (meningkatkan resiko serangan jantung) itu hoax. Kolesterol itu bukan penyebab utama penyakit jantung,” kata Sandy mengutip pernyataan dari Asosiasi Jantung Amerika Serikat saat memaparkan materi dalam seminar bertajuk “Treat Your Heart Better” di Function Hall Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Senin (20/11/17).

Meski merupakan salah satu penyakit yang paling disegani di negara berkembang seperti Indonesia, dia menilai perlunya perubahan paradigma antara keterkaitan makanan tinggi kolesterol dengan penyakit jantung, makanan tinggi kolesterol tidak ‘haram’ untuk dimakan. Pun demikian, hal tersebut diperbolehkan lantaran kondisi metabolisme yang berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Tak sedikit orang yang mengonsumsi makanan tinggi kolestrol namun tetap memiliki kadar kolestrol yang normal.

“Tapi, kalau kalau kolesterolnya tinggi ya tetap diobati,” Sandy menegaskan.

Ada beberapa cara untuk menjaga kontrol kolestrol dalam tubuh tetap stabil, diantaranya adalah memperhatikan kandungan kalori dan karbohidrat dalam makanan, mengatur porsi makanan, memperbanyak olah raga serta aktivitas di luar ruangan, dan berhenti merokok.

Seminar dan workshop “Treat Your Heart Better” merupakan rangkaian acara tahunan Alive 3.0 yang diadakan oleh UMN Medical Center. Peserta seminar berasal dari kalangan mahasiswa UMN serta tamu undangan dari komunitas jantung dan lansia daerah Tangerang. Pembahasan soal kolesterol dan jantung pada seminar tersebut disesuaikan dengan tema Alive 3.0 mengenai kesehatan jantung.

“Tahun ini acara Alive mengangkat tema tentang kesehatan jantung. Acara seminar ini merupakan salah satu cara untuk mengedukasi partisipan acara,” ujar Ketua Acara Alive 3.o Nathanael Willie Mahardika. Selain seminar dan workshop, rangkaian acara Alive 3.0 akan dilanjutkan dengan kegiatan “Run For Charity 5K” pada 3 Desember 2017 nanti.

 

Penulis: Naufal Abrori Suprapto

Editor: Ivan Jonathan

Fotografer: Nadine K. Azura