Menjawab Tantangan Inovasi Multimedia di Jakarta Editors Lab 2018

Peserta Hackhaton Jakarta Editors Lab 2018 sedang melakukan sesi brainstorming Collaborative Room Universitas Multimedia Nusantara, Sabtu (10/3/17).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Global Editors Network (GEN) bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menyelenggarakan program hackathon inovasi penyaji data multimedia yang bertajuk Jakarta Editors Lab: Covering Election. Rangkaian kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, sejak Jumat (9/3/18) hingga Minggu (11/3/18) di kampus Universitas Multimedia Nusantara, Gading Serpong, Tangerang.

Sebanyak 13 tim yang terdiri dari media profesional dan perwakilan tuan rumah mengikuti program hackathon bertemakan pemilihan umum (pemilu). Peserta ditantang untuk membuat konsep purwarupa penyaji data berbasis multimedia yang berguna bagi pembaca daring maupun internal redaksi dalam pemberitaan bertemakan pemilu.

Programme Manager GEN Sarah Toporoff menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk menemukan inovasi yang berguna untuk penyajian data.

“Kami ingin mendorong organisasi media untuk melakukan sebuah inovasi dari dalam. Jadi newsroom mampu membuat solusi untuk mereka sendiri dan solusi mereka dapat dipahami oleh organisasi dan juga audiens,” jelas Sarah.

Sarah mengatakan jika dalam newsroom konvensional setiap profesi hanya berfokus pada area kerjanya masing-masing, seperti jurnalis yang turun ke lapangan dan web developer yang berada di belakang layar. Tetapi pada era digital dan multimedia, jurnalis dan web developer harus bisa bekerja sama menciptakan sesuatu yang baru agar mampu bersaing dan menjawab kebutuhan audiens.

“Jadi kami ingin menyatukan jurnalis, web developer dan desainer untuk berkolaborasi membuat sebuah tools yang dapat digunakan untuk media mereka seusai hackathon,” tambahnya.

Dengan tema pemilu, para peserta program bersaing untuk menyajikan data dan fakta pemilu secara menarik kepada para audiens. Solusi mereka sangat beragam, mulai dari kuis interaktif hingga penyajian latar belakang para kandidat agar calon pemilih tertarik untuk terlibat dalam pemilu.

Jakarta Editors Lab telah dilaksanakan sejak tahun 2016. Tim yang keluar sebagai pemenang akan menjadi wakil Indonesia di Global Editors Summit yang akan diadakan di Lisbon, Portugal bulan Mei nanti.

 

Penulis: Naufal Abrori Suprapto

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Evan Andraws