Pemutaran Tugas Akhir Animasi Awali Rangkaian Acara IMAGO 2017: Oasis

Suasana pemutaran tugas akhir animasi yang mengwali Rangkaian acara IMAGO 2017 : Oasis di Lecture Hall Universitas Multimedia Nusantara Senin, 9 Oktober 2017
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Rangkaian acara IMAGO 2017: Oasis diawali dengan pertunjukkan screening karya tugas akhir animasi dan sinematografi buatan mahasiswa Fakultas Seni dan Desain Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Terdapat 17 animasi dan tiga film pada rangkaian screening yang diadakan pada 9 Oktober 2017 – 10 Oktober 2017 di Lecture Hall UMN.

Pemutaran sesi pertama dengan judul ‘Balada Animasi’ dimulai sekitar pukul 11:00 WIB. Ke-10 animasi yang diputar pada kesempatan ini adalah: Ciao Tao, Asih dan Anta, Acala, Insignia, Ara, The Hunt, Biha Tuha, Buddha, Batang Garing, dan Tales of I.

Secara garis besar, seluruh animasi yang ditayangkan pada sesi ini mengombinasikan teknik animasi dua dimensi dan tiga dimensi. Tema yang diusung juga berkaitan seputar budaya dan konflik antar tokoh. Seperti Ciao Tao karya Mega Alinjaya yang menceritakan prosesi pernikahan adat Tionghoa atau Tales of I karya Eduardus Kent Sutanza yang mengisahkan balas dendam seorang anak terhadap monster yang membunuh ayahnya.

Pemutaran sesi kedua tugas akhir animasi bertajuk ‘Karma Gaya Baru’ dimulai pada pukul 13:00 WIB. Terdapat tujuh karya animasi yang diputar pada sesi kali ini.

Ketujuh animasi tersebut adalah: Pandji Nyamoek Legendaris, Bruu Bruu, Panawa, Bot, Keluarga Satu Setengah, Mundur, dan Rick the Scavenger.

Tema cerita dari animasi yang diputar pada sesi kedua ini terlihat lebih variatif. Masing-masing karya memiliki latar dan alur cerita yang khas dan berbeda satu sama lain. 

Penulis: Naufal Abrori Suprapto

Editor: Christian Karnanda Yang

Foto: Jimmy Lee