Rencang Peringati Masyarakat Tentang Bahaya Narkoba di Car Free Day

UKM Rencang menggelar kampanye sosial bertemakan "Drug Ways To Die" saat Car Free Day di Bundaran HI, Minggu (14/05/17).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rencang sukses menggelar social campaign atau kampanye bertajuk “Drug Ways to Die” di Car Free Day (CFD), Bundaran HI pada Minggu (14/05/2017). Kampanye kali ini merupakan kegiatan dari acara eksternal. Sebelumnya, kegiatan seperti ini juga diadakan di kantin Universitas Multimedia Nusantara sejak Senin (08/05/2017) hingga Jumat (12/05/2017) dan merupakan bagian dari acara internal.

Dimulai dari arah Menteng, anggota Rencang dibagi menjadi beberapa kelompok dan menyebar ke arah Bundaran HI untuk melakukan kampanye kepada masyarakat yang hadir pada CFD. Masing-masing kelompok lalu menjelaskan tentang jenis-jenis narkoba seperti ganja, ekstasi, dan heroin dengan menggunakan papan jalan yang dilengkapi dengan replika dari beberapa narkoba tersebut.

Kampanye ini juga dilengkapi oleh maskot, di mana beberapa anggota menggunakan make-up di wajah untuk menunjukkan efek sebelum dan sesudah penggunaan narkoba.

Wajah sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) memakai narkoba.

Selain melalui sosialisasi, kegiatan lain yang dilakukan adalah games. Salah satu games yang bernama Drug Dice mengajak pengunjung untuk mendapatkan tiga nomor secara acak dari dadu dan meletakkan tangannya dalam enam lubang berbeda untuk merasakan replika dari jenis-jenis narkoba yaitu sabu-sabu, ganja, LSD, morfin, heroin, dan ekstasi.

Setiap nomor mewakili jenis-jenis narkoba tersebut dan mereka ditantang untuk menebak nama narkoba sesuai dengan nomor yang didapatkan dengan benar.

Secara konsep, acara ini juga mendapat tanggapan positif oleh beberapa masyarakat yang telah ikut serta dalam mendengarkan kampanye tersebut.

“Kampanyenya jelas, seru, dan kita juga bisa tahu cara untuk menghindar dari narkoba,” ujar Metia, salah satu pengunjung Car Free Day.

Menurut Ketua Acara “Drug Ways to Die” Marcellino Tanzil, Bundaran HI dipilih sebagai lokasi untuk acara eksternal ini, terutama pada saat CFD, karena dapat mencakup target lebih luas dan lebih mudah untuk menjelaskan kampanye dengan suasana santai.

“Mereka (masyarakat) melakukan Car Free Day itu untuk refreshing dan target kami itu lebih mudah untuk disampaikan sesuatu bila dia tidak tertekan. Oleh sebab itu, kita memilih Car Free Day karena mereka sedang refreshing dan juga mereka memiliki banyak waktu untuk mendengarkan kami,” ujarnya.

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: Harvey Darian

  • betulkah narkoba itu berbahaya? mari kita kaji ulang isu bahaya narkoba yg selama ini didramatisir agar kita tdk menghukumi seseorang/sesuatu hanya berdasarkan katanya. sudah cukup puluhan ribu anak bangsa dijebloskan ke penjara dan ribuan anak bangsa ditembak mati hanya gara2 masalah kecil yang didramatisir.

    silahkan baca dan download gratis ebooknya di google drive.
    https://drive.google.com/file/d/0B4TlMpmkR0qyNklCTHN0U0plbU0/view?usp=sharing