Renovasi Perpustakaan Khawatirkan Mahasiswa Semester Akhir

Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara (UMN) ditutup sebagian karena akan direnovasi. Hal ini disampaikan pihak perpustakaan melalui surel resmi pada Selasa (03/10/17), pukul 09.09 WIB.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Selasa (03/10/17), mahasiswa mendapatkan surel resmi terkait penutupan perpustakaan karena rencana renovasi. Renovasi yang disebut dilakukan untuk menunjang kebutuhan seluruh sivitas akademika Universitas Multimedia Nusantara (UMN) ini justru memunculkan kekhawatiran di kalangan mahasiswa terkait penutupannya. 

Kekhawatiran sebagian besar datang dari mahasiswa semester akhir.

“Takutnya nanti berdampak untuk kami yang sedang ingin membuat skripsi atau tugas akhir. Kalau bahan untuk referensinya enggak ada atau enggak bisa dipinjam, lalu harus cari referensi dimana?” ujar mahasiswa jurusan Jurnalistik angkatan 2014 Victor Raditya.

“Kalau enggak ada referensi, lebih baik kita cari sekalian ke perpustakaan di kampus lain yang lebih lengkap,” tambahnya.

Mahasiswa jurusan Sistem Informasi angkatan 2014 Michael Van Wis Lee juga mengungkapkan sedikit keluhannya tentang kegiatan renovasi yang dilakukan perpustakaan. Dirinya merasa agak terganggu karena ada beberapa bagian perpustakaan yang tidak dapat terpakai.

“Keganggu sih lumayan ya, soalnya selama masa renovasi beberapa bagian perpustakaannya kan enggak bisa dipakai, jadinya kita mesti nyari tempat lain padahal di perpustakaan itu enak. Ada spot yang tenang, apalagi ruang diskusinya. Itu enak banget buat ngerjain skripsi bareng temen,” ujarnya saat dihubungi melalui pesan singkat.

Hampir senada dengan Michael, mahasiswa jurusan Public Relations angkatan 2013 Beethoven F. Turanagan juga mengungkapkan bahwa renovasi ini memang sedikit menganggu mereka- mahasiswa yang membutuhkan data skripsi, karena tidak bisa memakai fasilitas kampusnya dengan maksimal. Namun, dirinya mengerti bahwa renovasi ini memang bertujuan untuk membuat fasilitas kampus menjadi lebih baik lagi.

Gue sendiri memang bukan tipe mahasiswa yang selalu memakai perpustakaan untuk cari referensi skripsi, tapi untuk mahasiswa yang tipenya selalu mencari referensi skripsi di kampus ya pasti terganggu. Cuman harus kita sadari bahwa renovasi ini memang ditujukan untuk memperbaiki dan menambah baik fasilitas yang ada di kampus,” ujarnya saat diwawancarai Ultimagz melalui pesan singkat. 

Meski demikian, tetap ada pula mahasiswa yang merasa tidak terganggu meskipun tidak dapat mencari contoh skripsi di perpustakaan. Salah satunya adalah mahasiswa Sistem Komputer angkatan 2014 Andrew Tirto Kusumo.

“Kalau buat anak SK memang sudah ada panduannya di e-learning, tambah minta punya kakak kelas. Jadi enggak masalah,” katanya.

SOLUSI DARI KAMPUS

Menanggapi kekhawatiran mahasiswa, Library Superintendent Orisa Mahardhini menyatakan bahwa perpustakaan telah menyediakan platform baru bagi mahasiswa yang ingin mengakses skripsi sebelumnya melalui link repository.umn.ac.id.

“Nah kita kan udah buka yang namanya repository UMN. Jadi untuk mereka yang membutuhkan skripsi, sementara bisa mengaksesnya melalui web tersebut. Skripsi bisa kalian baca dari sini. Skripsi apa yang dibutuhkan tinggal masuk saja ke program studi yang diinginkan,” ujar Orisa.

Lebih lanjutnya, Orisa mengaku ada beberapa skripsi baru yang telah ditambahkan ke dalam layanan tersebut. Mahasiswa bisa mencari skripsi yang diinginkan berdasarkan judul dan nama penulis. 

“Ini semua sudah kita open dari bab satu hingga lampiran. Namun, kalian tidak bisa copy paste, ya,” tambahnya.

MEMBUKA REPOSITORY UMN

Ada dua cara untuk membuka laman repository.umn.ac.id. Pertama, langsung menuju laman tersebut dengan link yang sama. Di laman tersebut akan tersedia kolom pencarian, serta empat pilihan lainnya, yang terdiri dari latest addition, advanced search, browse collection, dan about us.

Tampilan depan laman repository dibuka dari repository.umn.ac.id.

Mahasiswa dapat mencari data referensi melalui pilihan browse collection. Setelahnya, mahasiswa bisa memilih sajian skripsi sesuai dengan pilihan yang tersedia, yaitu berdasarkan tahun, topik, fakultas dan program studi, dan nama pembuat.

Selain itu, mahasiswa yang sudah mengetahui benar spesifikasi skripsi yang ingin dicari bisa langsung masuk ke bagian advanced search

Latest addition dapat digunakan untuk mencari skripsi yang baru ditambahkan pihak universitas,

Kedua, laman repository juga dapat diakses melalui library.umn.ac.id/eprints/. Disana disedikan pilihan berupa browse repository, search repository, latest addition, about repository, dan repository policies.

Laman repository yang bisa diakses melalui http://library.umn.ac.id/eprints.

Pada cara ini, untuk mencari referensi dari skripsi angkatan sebelumnya, ada beberapa pilihan langkah yang bisa dilakukan. Pertama, masuk ke bagian browse repository. Beragam skripsi dari berbagai topik akan disajikan, dan mahasiswa dapat memilih topik yang mereka butuhkan. Sejumlah skripsi akan disajikan setelah mahasiswa memilih topik.

Cara kedua adalah masuk ke bagian search repository dan mencari referensi skripsi secara spesifik. Cara ini serupa dengan pilihan advanced search jika membuka langsung ke laman repository langsung.

Dengan fasilitas ini, mahasiswa bisa melihat seluruh isi skripsi untuk menjadi referensi dengan mudah. Namun, untuk mengakses bab empat setiap skripsi, yang mana berisi data dan isi utama skripsi, mahasiswa membutuhkan akses yang bisa didapatkan dengan meminta ke petugas perpustakaan. Untuk mendapatkan aksesnya pun mahasiswa harus memiliki alasan yang jelas. 

Penulis: Stefanny dan Rafael Ryandika

Editor: Clara Rosa Cindy

Foto: Debora Darmawan