Road to UCIFEST Awali Rangkaian UCIFEST 8

Foto bersama para pengunjung di akhir acara Road To UCIFEST 8 yang diselenggarakan di Kineforum, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Sabtu (04/11/17).
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Memasuki tahun kedelapan, UMN Animation & Film Festival (UCIFEST) menggelar acara bertajuk Road To UCIFEST 8 di Kineforum, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Sabtu (04/11/17). Road To UCIFEST 8 ini menjadi langkah awal yang memulai rangkaian festival film dan animasi bagi mahasiswa dan pelajar SMA/SMK tersebut. 

Acara dimulai pada pukul 18.30 WIB dengan menampilkan pemutaran karya-karya yang berhasil menjadi pemenang dalam UCIFEST tahun lalu. Terdapat sejumlah tujuh film yang diputar dalam Road To UCIFEST 8 yang terdiri atas empat film live-action dan tiga film animasi. 

Sesi tanya jawab dengan sutradara Nj*ng dan Mengejar Dangdut setelah pemutaran film pemenang UCIFEST 7 di Kineforum, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Sabtu (04/11/17).

Selain melakukan pemutaran film, Road To UCIFEST 8 juga mengadakan sesi tanya jawab dengan Bryan Arfiandy dan Gisela Levy yang merupakan sutradara film Nj*ng dan Mengejar Dangdut.

Guna memperluas wawasan mengenai UCIFEST, terdapat pula sesi bincang-bincang dengan Ketua Program Studi Film & Animasi Kus Sudarsono dan Ketua UCIFEST 8 Dzikri Aulia mengenai UCIFEST 8 yang akan digelar pada 21-23 November 2017 di UMN.

“Yang kita tuju adalah bagaimana sih caranya agar mahasiswa UMN tidak jago kandang? Bagaimana sih mahasiswa UMN bisa berkompetisi secara terbuka dengan universitas-universitas lain di seluruh Indonesia? Maka kali ini, kita buka UCIFEST sebagai kompetisi nasional,” ujar Kus Sudarsono.

Hal ini juga semakin diperkuat dengan adanya kategori baru dalam UCIFEST 8. Terdapat total lima kategori yang terbagi menjadi dua kategori untuk pelajar SMA/SMK dan tiga kategori untuk mahasiswa.

Untuk kategori pelajar SMA/SMK, terdapat kategori Fiksi Pelajar dan Animasi Pelajar. Sedangkan untuk kategori mahasiswa, terdapat kategori Fiksi Mahasiswa, Animasi Mahasiswa, dan Dokumenter Mahasiswa yang merupakan kategori baru dalam UCIFEST 8. Adapun ada kategori tambahan lainnya, yaitu Favorit Penonton.

Terdapat sejumlah 260 judul film yang terdaftar dalam UCIFEST 8. Film-film tersebut kemudian dikurasi menjadi 25 film yang akan berkompetisi untuk menjadi pemenang dalam festival ini.

Selain mengadakan kompetisi, UCIFEST 8 turut mengadakan beberapa acara lainnya, seperti pameran, pemutaran film kompetisi, seminar seni di bidang film dan animasi, layar tancap, talkshow dengan para juri, focus on yang merupakan pemutaran film dokumenter Tonny Trimarsanto, dan malam penganugerahaan pada 23 November 2017 mendatang.

Penulis: Ridi F. Khan

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Evelyn Leo