SHOH Pandang Populasi Muda Indonesia Jadi Peluang Industri Animasi

Ultigraph mengadakan seminar MNC yang diadakan di Executive Lounge untuk membicarakan animasi di Indonesia yang diselenggarakan pada Kamis (28/09/17).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Fakultas Seni dan Desain Universitas Multimedia Nusantara (UMN) kembali mengadakan acara tahunan Ultigraph. Salah satu rangkaian kegiatan dari acara ini adalah seminar bersama animator Seung Hyun-oh di Executive Lounge pada Kamis (29/09/17).

Oh atau yang akrab dengan sebutan SHOH adalah animator asal Korea Selatan yang saat ini menjabat sebagai Chief Creative Officer MNC Animation sejak tahun 2015. Dalam seminar tersebut, SHOH berbagi cerita tentang pengalamannya di bidang animasi dan alasannya bersedia datang ke Indonesia.

“Orang-orang bertanya pada saya, ‘Kenapa Indonesia?’. Alasannya adalah karena populasi, ekonomi, dan MNC Group. Tiga faktor ini benar-benar menggerakkan saya dan membuat saya tidak ragu-ragu untuk datang ke Indonesia,” ujar SHOH.

SHOH mengaku dirinya tidak pernah menyangka bahwa populasi Indonesia begitu besar, bahkan jauh lebih besar dari negara-negara maju lain di dunia. Rata-rata usia masyarakat Indonesia secara keseluruhan adalah 29 tahun, berbeda dengan masyarakat Korea Selatan yang rata-rata usianya 40 tahun. Terlebih lagi, populasi anak-anak di Indonesia tergolong sangat banyak.

“Penduduk usia di bawah 14 tahun ada 74 juta orang. Karena Indonesia negara berkembang, belum terlalu banyak hiburan yang ditujukan untuk anak-anak. Jadi, usia penonton animasi berada di bawah 14 tahun. Bagi saya, 74 juta orang ini adalah pelanggan saya,” tambah SHOH lagi.

Selain karena populasi, SHOH juga merasa faktor ekonomi Indonesia menjadi salah satu alasannya bergabung dengan MNC Group. Banyaknya sumber daya di Indonesia membuat pertumbuhan ekonomi meningkat secara pesat. Ia juga menganggap orang tua muda yang mendominasi industri perekonomian bisa mempengaruhi perkembangan ekonomi dalam lima tahun ke depan.

“Saat ini, banyak orang tua muda yang memiliki kekuasaan besar. Dalam lima tahun mendatang, orang tua muda ini akan lebih banyak menghabiskan uang untuk konten anak-anak.”

Sebelum datang ke Indonesia, SHOH sempat bekerja sebagai animator di Hollywood sejak tahun 2006. Beberapa karyanya yang terkenal antara lain serial Tron: Uprising, Avatar: The Last Airbender, Tinkerbell Films, Wonderful Days, dan masih banyak lagi.

Penulis: Hilel Hodawya

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: Elvira Lisa