Bedah Kompas di ‘Printing Tour Sharing Session’ Kompas Corner

Jurnalis Kompas Susie Berindra mendampingi peserta Printing Tour berkeliling ruang redaksi pada Jumat (23/03/18) malam. (ULTIMAGZ/Nabila Ulfa Jayanti)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Kompas Corner kembali mengadakan printing tour ke percetakan Kompas pada Jumat (23/03/18) lalu. Bedanya, tahun ini Kompas Corner menyuguhkan sharing session bertajuk Cerdas Menghadapi Hoaks.

Printing tour, atau tur keliling percetakan dan Litbang Kompas ini merupakan kali ketiga sebagai wujud agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Kompas Corner.

“Kalau printing tournya ya sama saja kayak tahun ke tahun. Cuma kita kali ini mengadakan printing tour dan sharing session. Nah, yang sharing session-nya itu bahas tentang cerdas menghadapi hoaks, karena kita melihat zaman sekarang, tuh, udah banyak banget hoaks, apalagi sekarang social media makin booming, makin banyak orang dapat berita yang hoaks” jelas James Patrick selaku ketua Kompas Corner.

Narasumber yang hadir saat itu adalah Reporter Sosial Media Kompas.id, Didit Putra Erlangga. Adapun, pemilihan tema dan narasumber tersebut bukanlah tanpa alasan.

“Biar teman-teman tahu, sih, berita hoaks itu gimana, (berita) yang benar itu gimana, kita cara menguliknya tuh gimana. Biar teman-teman lebih aware di zaman sekarang, sudah banyak banget penipuannya,” imbuh James.

Tak hanya Didit, Wakil Kepala Desk Redaksi Kompas Muda Susie Berindra juga hadir memberi sosialisasi tentang Kompas Muda, sebuah wadah dari Kompas untuk menampung karya jurnalistik anak muda, khususnya siswa SMA dan perguruan tinggi. Susie turut membagi pengalamannya sebagai wartawan Kompas selama 17 tahun.

Meskipun sempat mati lampu, para peserta tetap antusias mengikuti acara printing tour dan Litbang Kompas yang berlangsung pada malam hari.

Usai sharing session, peserta dibawa ke gedung Kompas Gramedia yang terletak di seberang Bentara Budaya Jakarta. Mereka berkesempatan masuk ke dalam ruang redaksi di lantai tiga dan kemudian beralih ke percetakan Kompas yang berada di bagian belakang gedung. Kesempatan yang hanya terbuka bagi peserta printing tour Kompas Corner ini pun berakhir pada 24.00 WIB dini hari.

 

Penulis: Nabila Ulfa Jayanti

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Nabila Ulfa Jayanti