Creatifest 2018 Hadirkan Suasana “Happiness and Pleasure”

Mengusung tema "Awakening The Spirits", Creatifest diselenggarakan di The Forum Lippo Mal Puri, Jakarta Barat, Sabtu (14/07/18) hingga Minggu (15/07/18). Ajang eksibisi mata kuliah Analytic and Critical Thinking Universitas Prasetiya Mulya ini menghadirkan inovasi-inovasi dalam ragam busana, kriya, layanan, serta makanan. (ULTIMAGZ/ Rafaela Chandra)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Ajang ekshibisi bisnis mahasiswa, Creatifest 2018 kembali diselenggarakan oleh Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul) pada tanggal 14-15 Juli 2018 di The Forum, Lippo Mall Puri, Jakarta Selatan. Di tahun ke sembilan penyelenggaraannya, Creatifest 2018 hadir dengan konsep Happiness and Pleasure dalam balutan tema “Rhapsody: Awakening the Spirits.

“Tema kita tahun ini adalah Happiness and Pleasure, di mana happiness itu bring happiness ke orang-orang dan pleasure itu kesenangan yang kita dapatkan. Sehingga kita ingin acara kita bisa membangun happiness and pleasure orang tersebut ketika masuk ke dalam sini,” ujar Ketua Pelaksana Acara Creatifest 2018 Feren Lunardy.

Pameran bisnis mahasiswa terbesar ini diikuti oleh 77 eksibitor dan startup yang berasal dari kalangan mahasiswa S1 jurusan bisnis Prasmul. Adapun, seluruh ide dan bisnis startup yang memeriahkan acara Creatifest 2018 telah melalui seleksi internal dan juga ikut mengangkat unsur Happiness and Pleasure.

Menurut penjelasan Feren, pada dasarnya Creatifest 2018 merupakan ajang untuk memamerkan ide bisnis yang dihasilkan dari pembelajaran mata kuliah Analytical and Creative Thinking (ACT) dan bisnis startup yang dihasilkan dari mata kuliah Business Development (Busdev).

Tahun ini, mata kuliah ACT menyuguhkan 45 ide kreatif yang terbagi menjadi lima kategori, yaitu beauty, device, health & social life, life optimizer, dan lifestyle. Sedangkan, mata kuliah Busdev menghadirkan 32 bisnis startup kreatif yang terbagi menjadi tujuh kategori, yakni chemical, beauty, beverage, food, fashion, service-tech, dan kriya.

Berikut beberapa ide kreatif dan bisnis startup yang ikut memeriahkan Creatifest 2018:

 HUA

HUA menyuguhkan sensasi baru dalam menyantap es krim dari buah asli yang sehat dan segar. HUA hadir dengan dua varian rasa, yaitu Cocohua dengan bahan dasar kelapa serta Pinehua yang berbahan dasar nanas. Mengusung konsep Hawaiian, kedua varian rasa ini akan disajikan langsung di tempurung buah yang sudah dikeruk dagingnya.

 

 Mable

Mable mengusung inovasi baru dalam bentuk permainan rumahan yang bisa dimainkan kapan saja. Dengan konsep 4 in 1, Mable menghadirkan meja makan keluarga minimalis yang dapat disulap menjadi tempat bermain hoki, tenis meja, dan biliar.

 

 

 

Eggtugo

Dengan tagline Egg Doesn’t Break“, Eggtugo menjadi solusi untuk membawa maupun menyantap telur ayam secara lebih mudah dan praktis. Diolah menjadi bubuk, Eggtugo tersedia dalam dua varian rasa yaitu original dan spicy. 

 

Selain itu, Creatifest 2018 juga mengadakan berbagai macam acara lain seperti kompetisi foto dan make up,  talkshow dan workshop dengan para profesional di bidang bisnis, games, serta live performences.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi positif dari pengunjung maupun dari orangtua mahasiswa S1 jurusan bisnis Prasmul yang hadir.

First impression aku sama acara ini suka sama interior yang dipakai, kayak properti dan warna-warnanya. Kebetulan aku juga punya online shop, jadi di sini bisa lihat contoh-contoh inovasi gitu,” kata Faras, salah satu pengunjung Creatifest 2018.

“Acara ini bagus. Apalagi untuk anak saya memang relevan, biar dia tahu cara berbisnis. Mudah-mudahan sih, dia bisa belajar real life-nya bagaimana itu bisnis, jadi nggak cuma belajar teori aja,” tutur salah satu orangtua mahasiswa, Wisnu Sanjaya.

Pada tahun sebelumnya, Creatifest 2017 juga sukses menggelar ekshibisi bisnis serupa dengan tema “Carnavale” dan berhasil menarik 11.000 pengunjung.

 

Penulis: Galuh Putri Riyanto

Editor: Gilang Fajar Septian

Fotografer: Rafaela Chandra