Europe on Screen 2016, Jembatan Budaya Eropa-Indonesia

Europe On Screen, festival film Eropa yang akan diadakan pada 29 April hingga 8 Mei di enam kota di Indonesia.
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Sebuah acara festival film Eropa yakni Europe on Screen (EoS) kembali digelar untuk ke-16 kalinya. Acara yang telah diadakan sejak 1990 ini tak hanya hadir sebagai ajang penayangan film saja, namun juga sebagai jembatan budaya Eropa-Indonesia serta wadah pembelajaran.

Diadakan pada tanggal 29 April hingga 8 Mei 2016 mendatang, acara ini mempersembahkan 78 film karya sutradara atau produser film ternama asal Eropa.

Film-film yang disuguhkan EoS 2016 dapat ditonton di beberapa kedutaan besar negara Eropa di Indonesia yang berlokasi di Jakarta, seperti GoetheHaus (kedutaan besar Jerman), Erasmus Huis (kedutaan besar Belanda), Intitut Francais (kedutaan besar Perancis), dan Istituto Italiano (kedutaan besar Italia). Sedangkan film-film tersebut juga dapat disaksikan di tempat publik, seperti Bintaro XChange dan Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Tidak hanya di Jakarta, lima kota lain di Indonesia seperti Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta pun menjadi tempat pemutaran film-film EoS 2016 ini.

“EoS bekerja sebagai jembatan antar pembuat film Indonesia dan Eropa, dengan cara berbagi talenta. Lima pembuat film asal Eropa akan mengadakan lokakarya dan sharing pengetahuan tentang film dan berbagi pengalaman dengan pembuat-pembuat film Indonesia,” jelas Orlow Suenke selaku festival director EoS, yang telah berkontribusi untuk acara ini dalam empat tahun terakhir.

Banyaknya pilihan kategori film yang disuguhkan oleh EoS 2016 seperti dokumenter, film keluarga, discovery, dan klasik, merupakan suatu hal yang tidak boleh dilewatkan oleh pecinta film di Indonesia. Beberapa karya tersebut bahkan sudah masuk nominasi penghargaan di ajang festival film ternama seperti European Film Awards 2015, Cannes Film Festival 2015, dan lainnya.

 

Penulis: Analuna Manullang

Editor: Alif Gusti Mahardika

Foto: bintang.com