Hari Hutan Internasional, Tumbuhkan Kesadaran Publik Mengenai Hutan

Menteri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) , Siti Nurbaya Bakar sedang menandatangani buku tamu di salah satu stand pameran dalam rangkaian acara peringatan Hari Hutan Internasional (HHI) 2017 di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti, Palmerah, Jakarta, Selasa (21/03/17).
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com — Peringatan Hari Hutan Internasional (HHI) yang jatuh tiap tanggal 21 Maret tahun ini dilangsungkan di Gedung Manggala Wanabakti, Palmerah, Jakarta Selatan.

Peringatan HHI ditetapkan pada 21 Maret oleh PBB sejak tahun 2012. Namun, Indonesia baru memperingati HHI sejak 2014. HHI sendiri bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran publik mengenai pentingnya keberadaan pohon di dalam hutan maupun di luar hutan.

Acara yang akan berlangsung selama empat hari ini mengusung tema Hutan dan Energi. Berbagai macam rangkaian kegiatan mulai dari pameran, talkshow, menanam pohon, dan berbagai lomba untuk semua umur diadakan di Auditorium Gedung Manggalang sejak Selasa (21/03/17) hingga Jumat (24/03/17).

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan kata sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Perhutanan Siti Nurbaya Bakar. Setelah sambutan singkat, Siti berkeliling sejenak ke beberapa booth yayasan perlindungan binatang dan tumbuhan yang ada di pameran.

Melalui acara ini, publik diharapkan sadar untuk menjaga lingkungannya. Tidak hanya orang dewasa, HHI juga mengajak anak-anak untuk mulai mencintai alam di usia muda.

“Terutama, yang kami arahkan adalah kesadaran publik dan pengetahuan tentang pentingnya keberadaan semua jenis pohon di dalam hutan dan pohon di luar hutan,” ujar Siti.

Berbagai komunitas konservasi alam datang dalam pameran HHI seperti perlindungan macan Sumatra dan badak Indonesia. Tidak hanya itu, pihak Pertamina juga datang untuk mempresentasikan mengenai proyek Pertamina Geothermal Energy (PGE).

Penulis: Monique Oktaviannie

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: Anggita Risang