Indonesian Youth Conference 2017 Fokus Berdayakan Generasi Muda Indonesia

Atrium Cilandak Town Square, Jakarta Selatan yang dipenuhi oleh peserta Indonesia Youth Conference (IYC) 2017 yang sedang mendengarkan sambutan Ketua IYC 2017 Gilang Pratama Putra, Sabtu (16/12/17).
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Sebagai program nirlaba yang menghubungkan anak muda dengan beragam komunitas dan pengembangan minat bakat, Indonesian Youth Conference (IYC) kembali digelar tahun ini. Bertempat di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Sabtu (16/12/17), IYC mengajak anak muda Indonesia untuk berorientasi terhadap kemajuan Indonesia di masa depan. 

“Melalui IYC 2017, kami ingin membantu anak Indonesia untuk menemukan dan mengembangkan potensinya, serta berkolaborasi satu sama lain agar mereka dapat berkontribusi untuk kemajuan Indonesia di masa mendatang. Anak muda Indonesia harus membawa merah putih berkibar di kancah dunia,” kata Chief Executive KIBAR Yansen Kamto.

KIBAR sendiri merupakan startup ecosystem builder di Indonesia yang menjadi partner Sinergi Muda, organisasi yang membawahi penyelenggaraan IYC. 

Para peserta Indonesia Youth Conference (IYC) 2017 tampak menyimak pembicara di atas panggung

Sempat vakum tahun lalu, IYC 2017 hadir meriah dengan tema “Kolaborasi Anak Muda Indonesia dalam Menghadapi Tantangan Masa Depan.” Sejak pagi, kursi-kursi yang disediakan dipenuhi pengunjung dari berbagai kalangan, mulai dari murid sekolah menengah atas (SMA), mahasiswa, hingga orang dewasa. 

“Tahun ini, tagline yang kami usung adalah ‘Kami Masa Depan’. Kami sadar bahwa dalam menghadapi tantangan, anak muda Indonesia dari berbagai sektor dan latar belakang perlu bekerja sama guna mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan di masa depan. Kuncinya, kolaborasi,” jelas Ketua IYC 2017 Gilang Pratama Putra.

Dengan konsep baru, IYC mengajak anak muda Indonesia untuk berpartisipasi dalam berbagai macam kegiatan yang telah dipersiapkan seperti talk show, workshop, dan public discussion. Topik-topik yang dibahas substansial, namun disesuaikan dengan minat anak muda dan dikemas secara informal. Mulai dari politik, disabilitas, industri kreatif, hingga financial planning.

Ketua Indonesian Youth Conference (IYC) 2017 Gilang Pratama Putra memberikan kata sambutannya dan membuka acara secara resmi.

Beragamnya tema membuat banyaknya tokoh dari berbagai latar belakang yang hadir sebagai narasumber. Beberapa di antaranya adalah Najeela Shihab, Glenn Fredly, Jay Subyakto, Tsamara Amany, Dayu Dara, Eugenie Patricia, Bob S. Effendi, Asep Kembali, Annisa Rahmania, Vidi Aldiano, Putri Tanjung, dan Pangeran Siahaan. 

Tidak sebatas edukasi, IYC 2017 juga menyuguhkan penampilan musik dan seni dari berbagai organisasi, komunitas, dan musisi.

CIOFF Indonesia, Yong Ma, The Panturas, Endah N Rhesa, dan Rendy Pandugo menjadi beberapa orang yang berkesempatan tampil di IYC 2017. Tak hanya itu, terdapat suguhan live mural yang menjadi daya tarik seni tersendiri bagi pengunjung. 

Penulis: Billy Dewanda 

Editor: Christian Karnanda Yang 

Foto: Billy Dewanda