Julian Day, Representasi Diri Manusia

Pemutaran film pendek Julian Day yang disutradarai oleh Gianni Fajri di Paviliun 28, Jakarta (29/3)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Julian Day merupakan karakter fiktif yang diangkat dari lagu-lagu Elephant Kind dalam dua album mini mereka, yakni Scenarios: A Short Film by Elephant Kind dan Promenades: A Short Film by Elephant Kind. Kali ini, Elephant Kind “menghidupkan” karakter tersebut lewat film pendek berjudul Julian Day. Film ini merupakan kolaborasi Elephant Kind dengan sutradara muda Indonesia, Gianni Fajri.

Screening pertama Julian Day diadakan di Paviliun 28, Senin (28/3) lalu, dan dihadiri oleh musisi seperti Kallula Harsynta, dan keyboardist Nidji, Randy Danistha. Sutradara film Angga Dwimas dan aktor Rio Dewanto pun turut hadir dalam acara ini.

“Julian Day adalah representasi dari masing-masing orang. Kita semua punya sisi dimana kita nggak mau keluar dari zona aman kita,” jelas Gianni. Bam Mastro, anggota Elephant Kind, mengaku ingin menyampaikan pesan moral kepada para penonton lewat tokoh Julian Day.

“Pesan yang mau disampaikan lebih ke tentang apa yang dialami oleh Julian Day. Ada message yang kena ke orang-orang, gimana orang juga ngerti bahwa ada sesuatu hal di dalam diri kita yang tidak bisa dimengerti banyak orang,” jelas Bam.

Tokoh Julian Day diceritakan sebagai seorang yang kaku dan statis, yang mencoba untuk mencari jati diri lewat teman imajinasinya yang bernama Ocean. Selain cerita Julian dengan Ocean, kedua tokoh lain seperti pasangan Julian di dunia nyata bernama Tal, dan teman kecil Julian yang bernama Danya juga memiliki peran dan dampak terhadap konflik diri Julian.

 

 

Penulis: Analuna Manullang

Editor: Alif Gusti Mahardika

Foto: Debora Darmawan