Kopi Darat Sebangsa Undang 30 Komunitas Indonesia

Perwakilan komunitas muda Indonesia foto bersama usai acara 'Diskusi Terbuka: Gerakan Sosial di Era Digital’ di Wisma Menpora, Jakarta, Kamis (11/8/16).
Share:

JAKARTA-ULTIMAGZ.com – Media sosial khusus bagi komunitas Indonesia, Sebangsa, mengundang 30 komunitas untuk hadir dalam kopi darat ketiga bertajuk ‘Diskusi Terbuka: Gerakan Sosial di Era Digital’. Komunitas tersebut datang dari beragam bidang, di antaranya pendidikan, seni dan budaya, kesehatan, sosial, kepemudaan, lingkungan, dan relawan.

Salah satu komunitas yang hadir adalah Fakta Bahasa. Perwakilan Fakta Bahasa Refandi mengatakan, kegiatan rutin yang menjadi ciri khas komunitas itu adalah clubbing. Clubbing merupakan kegiatan yang mempelajari bermacam-macam bahasa dalam klub secara gratis. Satu klub mewakili satu bahasa yang ingin dipelajari.

Hingga saat ini, Fakta Bahasa menyediakan 13 clubbing yang mempelajari bahasa Indonesia, Inggris, Sunda, Jepang, Korea, dan lainnya.

Clubbing yang paling diminati adalah bahasa Inggris dan Jepang,” kata Refandi di Wisma Menpora, Jakarta,  Kamis (11/8/16).

Acara ini sekaligus menutup rangkaian program Bangkit Komunitas 2016 yang diselenggarakan Sebangsa dan Komunita.id. Bangkit Komunitas 2016 bertujuan memajukan komunitas di Indonesia dengan mengadakan pelatihan, seminar, pentas seni, pameran rekam jejak komunitas, dan kopi darat di empat kota, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta yang berlangsung sejak Februari-Juni 2016.

Penulis: Monica Devi Kristiadi
Editor: Lani Diana 
Fotografer: Monica Devi Kristiadi