Potterheads Antusias Sambut Buku Harry Potter and the Cursed Child

Peluncuran Buku Harry Potter
Suasana peluncuran buku terbaru J.K Rowling, berjudul Harry Potter and the Cursed Child Part I & II di Kinokuniya, Plaza Senayan, Minggu (31/7). Sejumlah Potterheads (penggemar Harry Potter) turut meramaikan acara.
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Minggu (31/7) siang, sekumpulan orang datang ke meja di depan Toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan. Beberapa di antara mereka ada yang terlihat seperti penyihir dan monster. Sebelum masuk ke dalam toko buku, mereka memilih name tag untuk mewakili asrama mereka yaitu Gryffindor, Hufflepuff, Ravenclaw, atau Slytherin.

Itulah suasana daftar ulang saat peluncuran buku Harry Potter terbaru berjudul Harry Potter and the Cursed Child Part I & II. Menariknya, peluncuran buku hari itu bertepatan dengan ulang tahun ke-51 penulis buku, Joanna Kathleen Rowling, atau yang lebih akrab dikenal dengan J.K Rowling.

Acara ini diinisiasi oleh fanbase Harry Potter terbesar di Indonesia yaitu Indo Harry Potter. Bekerja sama dengan All Film dan Kinokuniya, mereka mengadakan gathering Potterheads – sebutan fans Harry Potter, sekaligus meramaikan peluncuran buku Harry Potter yang terbaru.

Acara dibuka pada pukul 10.00 WIB. Panitia mengisi aktivitas pengunjung dengan screening film, menyanyikan mars dari sekolah tokoh Harry Potter, yakni Hogwarts School, dan mengajak pengunjung untuk membeli buku dari saga Harry Potter terbaru yang dibanderol seharga 388ribu Rupiah. Khusus pembeli yang membeli pada hari itu, mendapatkan diskon 10 persen.

Sesi 'Hogwart's Song'
Sesi Hogwart’s Song.

Tepat pukul 13.00 WIB, acara inti dimulai. Dua orang pembawa acara menyambut pengunjung. Acara diawali dengan sesi J.K Rowling’s Projects, yang menjelaskan profil singkat J.K Rowling, proyek yang ia telah, sedang, dan akan kerjakan.

Lalu ada pula topik The Cursed Child. Pertama-tama, pembawa acara menampilkan video behind the scene teater Harry Potter. Meskipun diperankan oleh aktor yang berbeda, namun Potterheads dengan mudah menebak nama asli dari aktor teater tersebut.

Hal ini dilanjutkan dengan pembahasan yang lebih serius mengenai buku Harry Potter and the Cursed Child. Ternyata, buku ini bukanlah novel, melainkan sebuah rehearse edition, atau naskah drama The Cursed Child.

Dalam buku-buku sebelumnya, belum diketahui siapa sosok The Cursed Child. Untuk mengetahuinya, Potterheads harus membeli dan membaca buku terbaru ini, serta berjanji untuk menjaga rahasia agar tidak memberi spoiler pada Potterheads yang belum membaca bukunya. Itulah yang disampaikan J.K Rowling sebelum meluncurkan buku ini.

 

Sesi 'The Cursed Child'
Sesi The Cursed Child.

Selain itu, ada pula topik Fantastic Beasts, yang membahas mengenai monster-monster yang ada di dunia Harry Potter. Tiap monster memiliki satuan berupa ‘X.’ Satuan terendah yaitu ‘X’, yang berarti monster itu membosankan. Sedangkan satuan tertinggi yaitu ‘XXXXX,’ yang berarti monster itu tidak mungkin bisa dikalahkan oleh penyihir. Penjelasan ini merupakan pengantar bagi Potterheads sebelum menonton film Fantastic Beasts and Where to Find Them yang akan dirilis November mendatang.

Selain acara inti, Indo Harry Potter juga mengadakan beberapa permainan yang diikuti secara antusias oleh Potterheads, serta lomba cosplay. Pemenang akan menerima hadiah menarik dari Kinokuniya dan All Film.

Acara resmi ditutup sekitar pukul 15.30 WIB. Satu per satu Potterhead meninggalkan tempat mereka sambil tersenyum bahagia, tanda mereka puas dengan acara hari itu.

Penulis: Theofilus Ifan Sucipto

Editor: Alif Gusti Mahardika

Fotografer: Theofilus Ifan Sucipto