Rentak Harmoni, Seni untuk Majukan Pendidikan

Press conference Rentak Harmoni yang berlangsung di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamis (7/1).
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Para alumni Pengajar Muda dari Gerakan Indonesia Mengajar akan menampilkan pementasan drama musikal berjudul “Rentak Harmoni”. Untuk pertama kalinya, acara ini diselenggarakan demi memajukan pendidikan melalui seni.

“Ini pertama kali adanya kolaborasi dalam bentuk seni dari alumni dan relawan Indonesia Mengajar yang dilakukan bukan hanya untuk kami sendiri, tetapi juga untuk kampanye yang positif tentang gerakan pendidikan,” ujar Direktur Eksekutif Gerakan Indonesia Mengajar, Evi Trisna saat press conference di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (7/1).

Selain aspek pendidikan, alumni Pengajar Muda juga ingin mendukung Gerakan Indonesia Mengajar dalam hal finansial. Oleh karena itu, seluruh laba pementasan tersebut akan diberikan untuk Iuran Publik Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar. Acara ini akan berlangsung di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki pada 30 Januari 2016.

Pementasan drama musikal “Rentak Harmoni” menceritakan tentang sebuah negara bernama Warita Dikara yang kaya akan budaya, kearifan lokal, dan warga kreatif. Para pemuda Warita Dikara pun berusaha untuk mengembangkan dan mempertahankan budaya di tengah globalisasi.

“Cerita ini menekankan tentang bagaimana para pemuda-pemudi Warita Dikara berusaha mempertahankan apa yang menjadi jati diri, identitas, dan nilai-nilai tradisi mereka,” jelas sutradara “Rentak Harmoni” sekaligus alumni Pengajar Muda angkatan kedua, Astuti Kusumaningrum.

Sebanyak 100 relawan Gerakan Indonesia Mengajar dan masyarakat dari latar belakang profesi yang berbeda-beda turut berpartisipasi dalam acara ini.

Penulis: Valerie Dante

Editor: Lani Diana

Fotografer: Evelyn Leo