Rimba Warna Papier Unggulkan Warna dan Tekstur Colorplan

Salah satu hasil seni menggunakan kertas yang diaplikasikan menyerupai bentuk binatang komodo dalam Rimba Warna Papier Exhibition, Jumat (17/11/17) di Colony 6 Kemang.
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Sebuah perusahaan manufaktur dan distributor kertas premium asal Singapura, RJ Paper, menyelenggarakan pameran perdananya yang bertajuk Rimba Warna Papier, Jumat (17/11/17) hingga Minggu (19/11/17). Bertempat di Colony 6 Kemang, Jakarta Selatan, ekshibisi ini diadakan guna memamerkan kertas Colorplan, jenis kertas besutan perusahaan kertas premium asal Inggris.

Dalam sebuah ruangan yang khusus dimanfaatkan untuk Rimba Warna Papier Exhibition, pengunjung disuguhi dengan berbagai hasil karya yang menonjolkan warna, tekstur, dan ketebalan kertas Colorplan bertema “Hutan Kertas”. Terdapat setidaknya tiga seniman yang diberi tantangan untuk mengelola kertas sesuai kemampuannya masing-masing untuk dipamerkan. Sebut saja Lim Kim (Singapura), Ng Si Han (Singapura), dan Popok Tri Wahyudi (Indonesia).

“Saat itu aku dihubungi dan diberi katalog berisi sampel warna, tebal, semua yang dibuat mereka. Kemudian aku menemukan satu deskripsi kecil tentang kertas dan merepresentasikan itu dengan versiku. Hasilnya seperti ini,” ujar Popok sambil menunjuk dinding yang ditempeli karya kertas buatannya.

Dengan hanya satu minggu pengerjaan, Popok berhasil memukau pengunjung Rimba Warna Papier Exhibition dengan permainan kertasnya. Menurutnya, kelebihan Colorplan yang kerap memberi informasi dengan jelas dan lengkap mengenai produk mereka patut diikuti perusahaan kertas di Indonesia.

Its’s good. Sebagai pengguna kertas, aku terbantu atas deskripsi yang ditawarkan mereka. Di Indonesia, para perusahaan kertas jarang memberi deskripsi dan informasi selengkap ini. Sangat disayangkan. Aku sebagai seniman kesulitan mencari kertas-kertas yang oke,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Popok sendiri menceritakan awal mula munculnya kertas dengan berbagai warna. Dimulai dari zaman dulu yang semua media berwarna hitam putih dan revolusi industri mengubah banyak hal. Salah satunya ialah penggunaan warna pada channel BBC selama lima jam per hari pada 1967. Hal tersebut mendorong perusahaan kertas untuk juga memproduksi kertas berwarna untuk berbagai kebutuhan.

Sebuah filosofi yang digambarkan dalam bentuk kertas karya seniman Indonesia, Popok Tri Wahyudi yang ikut ditampilkan dalam Rimba Warna Papier Exhibition, Jumat (17/11/17) di Colony 6 Kemang.

Selain karya milik Popok, ada pula beberapa karya lain, seperti bentuk tiga dimensi dari beberapa binatang dan kertas yang diberi pola dengan laser hingga menghasilkan bentuk yang unik.

Hingga kini, Colorplan sudah tersebar di 26 negara dengan 50 pilihan warna, 25 embossings, dan 8 pilihan ketebalan. Colorplan kerap digunakan oleh berbagai perusahaan ternama, salah satunya yakni Burberry. Kekuatan warna dan kualitas memang menjadi unggulan tersendiri bagi Colorplan.

“Generasi televisi hitam putih punya mimpi monokrom. Kita punya mimpi yang warna-warni!” seru Joint Managing Director G.F Smith dan Colorplan John Haslam menutup pembukaan Rimba Warna Papier Exhibition.

Penulis: Geofanni Nerissa Arviana

Editor: Christoforus Ristianto

Fotografer: Billy Dewanda