Social Good Summit 2017 Ajak Kaum Muda Berperan dalam Pelestarian Laut Indonesia

Dengan tema Konservasi Keanekaragaman Hayati Laut untuk Kemakmuran Masyarakat, Social Good Summit 2017 mengeksplorasi cara-cara yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan kehidupan bawah laut Indonesia. Acara berlangsung di Function Hall Plaza Indonesia, Rabu (04/10/17).
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Sebagai upaya dalam mengajak kaum muda melestarikan habitat perairan Indonesia, United Nations Development Programme (UNDP) melangsungkan konferensi Social Good Summit (SGS) 2017. Mengusung tema ‘Konservasi Keanekaragaman Hayati Laut untuk Kemakmuran Rakyat,’ acara berlangsung di Function Hall Plaza Indonesia, Rabu (04/10/17). 

Bekerja sama dengan Rappler Indonesia, UNDP yang dibawahi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyoroti berbagai ancaman dan masalah yang terjadi di laut dan pesisir Indonesia. Salah satu pembicara utama adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. 

“Konservasi keanekaragaman hayati laut adalah gerakan inklusif, dimana partisipasi dari semua pemangku kepentingan termasuk pemuda diperlukan,” ujar Luhut sambil menekankan pentingnya peran orang muda dalam pelestarian laut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjadi pembicara utama untuk yang kedua kalinya pada acara Social Good Summit Jakarta 2017.

Selain Luhut, beberapa tokoh dari berbagai bidang turut berpartisipasi. Hadir anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Irene Roba, Aktivis Save Sharks Indonesia Riyanni Djangkaru, YouTuber dan pegiat media sosial Pangeran Siahaan, Sutradara Imam Brotoseno, serta perwakilan dari World Wildlife Fund (WWF), dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 

Lewat acara ini, banyak pemaparan yang mengajak manusia untuk bersinergi dengan alam. Diharapkan melaui sinergi ini terbentuk kehidupan laut dan pesisir Indonesia yang lebih baik, mengingat 66 persen wilayah Indonesia adalah perairan dengan berbagai masalah kompleks yang perlu dituntaskan. 

SGS tahun ini menandakan ketiga kalinya acara ini diadakan di Indonesia. Tujuan utama dari acara ini adalah memenuhi tujuh belas target global yang dicanangkan PBB bertajuk Sustainable Development Goals (SDGs). Mengusung slogan #2030NOW, UNDP berharap ketujuh belas target ini bisa tercapai pada 2030 nanti. 

Penulis: Ariefiani Elfrida Mastina Harahap

Editor: Christian Karnanda Yang

Foto: Evelyn Leo