Uni Eropa Fokus Kembangkan Tiga Area bersama Indonesia

Duta Besar Uni Eropa untuK Indonesia Vincent Guerend menjadi pembicara tunggal dalam menjelaskan berbagai poin mengenai kerjasama Uni Eropa dengan Indonesia ke depannya pada acara "EU End-of-Year Media Gathering" yang diselenggarakan di EU Residence, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu (13/12/17).
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Menyongsong penghujung 2017, Uni Eropa, dipimpin oleh Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Guerend menggelar acara media gathering akhir tahun. Acara ini menjadi kesempatan untuk memublikasikan berbagai pencapaian kerja yang telah mereka lakukan selama setahun, serta program-program baru yang telah dipersiapkan. 

Guerend turut menjelaskan hubungan bilateral Indonesia dengan Uni Eropa sambil menyampaikan tiga area yang akan dikembangkan oleh kedua belah pihak.

“Yang pertama adalah area ekonomi digital, kami memerhatikan hal-hal yang berkaitan dengan topik ini seperti keamanan para pengguna dan urusan perpajakan,” tutur Guerend dalam acara yang bertempat di EU Residence, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Rabu (13/11/17).

Selain itu, keamanan juga menjadi perhatian utama dikarenakan kecemasan masyarakat yang meningkat. Kecemasan yang dimaksud timbul akibat adanya aksi-aksi terorisme, tingkat kejahatan, serta transaksi jual-beli obat-obatan terlarang.

Menurut Guerend, dalam area ini baik Indonesia maupun Uni Eropa akan berusaha mencari cara untuk bersama-sama mempromosikan keamanan bagi warganya.

Area selanjutnya yang hendak dikembangkan berpusat pada isu lingkungan dan perubahan iklim. Indonesia dipandang sebagai negara yang memiliki peran besar dalam hal pelestarian lingkungan karena kekayaan alamnya yang beragam.

Guerend pun mengaku telah mendiskusikan perihal perubahan iklim dengan pihak pemerintahan Indonesia dan berharap akan mendapatkan titik temu.

Tak hanya itu, Uni Eropa juga berencana menggelar acara bertajuk “Our Ocean” yang bertujuan untuk memberitahu peran penting laut dalam perubahan iklim. Acara tersebut akan digelar Oktober 2018 di Indonesia.

“Hubungan bilateral kami pada akhirnya berfokus pada masyarakat dan nilai-nilai yang kami pegang. Aksi-aksi yang kami ambil pun berdasarkan pertimbangan atas kedua hal tersebut,” lanjutnya.

Turut menaruh perhatian pada generasi muda, Guerend mengatakan bahwa Uni Eropa telah mendorong mahasiswa Eropa untuk menimba ilmu di Tanah Air dengan mempromosikan beasiswa dan program pertukaran pelajar.

Penulis: Valerie Dante

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Angelina Rosalin