5 Hal Ganjil yang Terjadi di Perang Dunia Kedua

Armistice Day football match at Dale Barracks between german soldiers and Royal Welsh fusiliers to remember the famous Christmas Day truce between germany and Britain PCH
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Perang Dunia kedua sudah berakhir 72 tahun lalu. Perang tersebut diperkirakan menelan sebanyak  50-80 juta korban jiwa. Tidak bisa dipungkiri, tragedi kemanusiaan tersebut masih menyimpan beberapa fakta yang sulit untuk diterima akal sehat, bahkan hingga masa kini.

Berikut rangkuman dari beberapa kejadian aneh selama Perang Dunia ke-2:

1.Sepak Bola dengan Taruhan Nyawa

Pada 9 Agustus 1942, tentara Uni Soviet dan pasukan artileri Jerman memutuskan untuk sejenak berhenti berperang menggunakan senjata api. Sebagai gantinya, kedua belah pihak pun sepakat bermain sepak bola untuk menyelesaikan konflik diantara mereka. Sepak bola tersebut mempertaruhkan nyawa dari para pemain yang terlibat.

Tentara Soviet saat itu membiarkan petugas Schutzstaffel (pasukan keamanan Jerman) untuk memimpin laga. Pada akhirnya, Soviet harus kalah 3-5 setelah ‘dikerjai’ oleh wasit, dan kehilangan 5 tentaranya secara konyol.

2. Menggunakan Air Mani sebagai Pengganti Tinta

Ketika perang berkecamuk, komunikasi tidak dapat dilakukan secara mudah dan harus dilakukan secara diam-diam. Untuk mengakali pertukaran pesan antaragen secara lebih mudah, mata-mata senior Badan Intelijen Rahasia Inggris, Kapten Mansfield Cumming, melakukan penelitian untuk mencari bahan yang dapat digunakan sebagai tinta rahasia. Lewat penelitian tersebut, Mansfield menyadari bahwa air mani pria dapat menjadi jawabannya.
Walaupun tidak memakan banyak biaya dan cukup efektif, teknik kontroversial ini diberhentikan karena dianggap tak beradab.

3. Perang Masih Belum Usai!

Walaupun pada kenyataannya Perang Dunia 2 hanya berlangsung selama 6 tahun, namun hal itu tidak berlaku bagi Hiro Onoda. Perwira yang ditugaskan di belantara Filipina itu menolak untuk memercayai selebaran yang berisi pengumuman berakhirnya peran. Ia pun bertahan di Filipina hingga 30 tahun lamanya.

Pada akhirnya Hiro kembali ke Jepang setelah diyakinkan oleh salah satu mantan rekannya setelah membuang 24 tahun hidupnya di perang yang tidak pernah ada.

4. Kanibalisme Tentara Jepang

Di akhir 1944, sebuah kejadian yang dikenal sebagai Insiden Chichijima mengungkap salah satu kekejian paling buruk dari Jepang. Sebanyak 5 dari 8 tentara pasukan udara Amerika yang tertangkap harus mengalami siksaan sebelum menjadi santapan pasukan Negeri Sakura.

5. Domba yang Berterbangan

Saat Italia pimpinan Benito Mussolini menginvasi Ethiopia, pasukan Italia diminta untuk membawa barang bawaan sesedikit mungkin demi mempercepat pergerakan. Bekal yang terbatas tersebut diperburuk oleh panasnya cuaca Ethiopia kala itu. Akibatnya, daging-daging bawaan serdadu Italia membusuk dengan cepat. Untuk mengakali masalah itu, dikirimlah domba-domba berparasut yang dijatuhkan lewat pesawat pasukan udara Italia, demi mengisi perut serdadu Mussolini.

 

Penulis: Gilang Fajar Septian

Editor: Hilel Hodawya

Foto: welikeviral.com

Sumber: welikeviral.com, hellosehat.com