Ahli Fisika Stephen Hawking Tutup Usia

Ahli fisika Stephen Hawking meninggal dunia di usia ke 76 tahun di kediamannya di Cambridge, Britania Raya, Rabu (14/03/2018).
Share:

CAMBRIDGE, ULTIMAGZ.com   Fisikawan Stephen Hawking meninggal dunia di usia 76 tahun pada Rabu (14/03/2018) dini hari di kediamannya di Cambridge, Britania Raya. Belum diketahui pasti penyebab wafatnya ayah dari tiga orang anak tersebut.

Anak-anak Hawking, Lucy, Robert, dan Tim, mengungkapkan kesedihan mendalam atas meninggalnya sang ayah yang mereka cinta.

“Dia (Hawking) adalah ilmuwan yang hebat dan pria luar biasa yang ide dan warisan karyanya akan hidup hingga beberapa tahun ke depan,” ujar mereka saat memberikan pernyataan yang dilansir dari The Guardian. “Dengan keberanian dan ketekunannya serta dipadu kecerdasan dan leluconnya, ia telah menginspirasi orang-orang di seluruh belahan dunia.”

“Ia pernah berkata bahwa, ‘Tidak akan ada banyak alam semesta jika tidak ada rumah untuk orang yang Anda cintai.’ Kami akan merindukannya,” tutup mereka.

Ahli fisika yang lahir pada 8 Januari 1942 ini dikenal sebagai penyumbang teori di bidang fisika kuantum, terutama dengan teori-teorinya mengenai kosmologi, gravitasi kuantum, lubang hitam, dan Radiasi Hawking.

Ia telah menulis beberapa buku, salah satunya adalah memoar fenomenal dirinya yang berjudul My Brief History. Dalam buku tersebut ia menuliskan bagaimana dirinya bertarung dengan kelumpuhan yang disebabkan oleh sklerosis lateral amiotrofik.

Stephen Hawking bersama dengan Felicity Jones dan Eddie Redmayne, para pemeran dalam film panjang biografi The Theory of Everything (2014) yang mengangkat cerita mengenai garis besar kehidupan Hawking.

Meski mengalami kelumpuhan pada usia 21 tahun, Hawking tetap mampu menghasilkan karya-karya dan penemuan yang brilian. Salah satunya datang dari buku A Brief History of Time (1988) yang berhasil masuk dalam Sunday Times best-seller dengan perolehan rekor penjualan selama 237 minggu.

Kisah hidupnya pun sudah divisualkan dalam film The Theory of Everything (2014) yang diperankan oleh Eddie Redmayne dan Felicity Jones. Dalam film tersebut, Redmayne yang berperan langsung sebagai profesor Hawking berhasil meraih penghargaan aktor terbaik di ajang The Oscars.

Selama 76 tahun berkarya, Stephen Hawking telah merilis setidaknya 15 buku dengan lebih dari 230 publikasi yang dilakukan di seluruh dunia.

 

Penulis: Felix

Editor: Gilang Fajar Septian

Sumber: Abc news, CNN, Hawking.org.uk, The Guardian

Foto: Quartz Media