Aplikasi E-Gamelan Akan Dipamerkan di Festival Dances and Music of The World

Tampilan dari aplikasi E-Gamelan. (Gadgetan.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Pada Juni dan Juli 2018 mendatang Indonesia akan mengikuti salah satu festival yang diadakan oleh United Nations Educational, Scientific dan Cultural Organization (UNESCO) yang bertajuk Dances and Music of  The World. Penampilan Gamelan versi digital menjadi salah satu hiburan yang akan dibawakan rombongan mahasiswa dan dosen dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

Pada penampilannya mendatang, rombongan Udinus yang terdiri dari 30 orang akan membawakan delapan tembang Jawa. Rombongan yang terdiri dari 15 dosen dan mahasiswa itu akan bermain di kantor pusat UNESCO di Prancis.

Rektor Udinus Edi Noersasongko, mengatakan bahwa pihak mereka secara khusus diundang oleh UNESCO untuk dapat tampil dengan aplikasi E-Gamelan. Pada misi budaya tersebut, pihaknya juga berencana untuk mampir ke Animation Park Disneyland dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris. Sebelumnya, tim Udinus sendiri telah beberapa kali melakukan penampilan seperti di Singapura, Malaysia, dan Taiwan.

E-Gamelan sendiri merupakan projek hasil pengembangan yang dilakukan dosen dan mahasiswa Udinus. Dalam aplikasi yang dapat dimainkan lewat tablet PC ini, pengguna dapat memainkan berbagai bagian dari gamelan, seperti Saron, Peking, Bonang Barung, Bonang Penerus, Gong, Kenung, Demung dan Slenthem. 

Proses pembuatan aplikasi ini salah satunya dilakukan dengan merekam suara asli dari alat-alat gamelan. Keraton Surakarta dan Keraton Yogyakarta dipilih sebagai tempat perekaman karena dianggap masih menjadi pelestari gamelan hingga saat ini. Aplikasi ini ditujukan untuk membangun pengetahuan anak muda untuk lebih mengenal kebudayaanya sendiri.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) memberikan dana hibah lewat anggaran tahun 2009-2010 untuk proyek ini. Selain dana, Udinus juga meraih penghargaan sebagai perguruan tinggi yang turut berpartisipasi melestarikan warisan budaya dari Kemristekdikti . 

 

Penulis: Ariefiani Elfrida Mastina Harahap

Editor: Gilang Fajar Septian

Sumber: Tekno.kompas.com, Goodnewsfromindonesia.id, Gadgetan.com, News.okezone.com

Foto: Gadgetan.com