Asgardia, Negeri Baru di Luar Angkasa

Tampilan situs resmi Asgardia
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Gagasan berlangsungnya kehidupan di luar bumi nampaknya akan segera menjadi kenyataan. Terbentuknya sebuah negara baru bernama Asgardia yang bertempat di luar angkasa menjadi alasan hal tersebut dapat terwujud dalam waktu dekat.

Mengambil nama dari sebuah kota di langit yang berasal dari mitologi Norwegia, ide pembentukan negara ini sejatinya sudah muncul sejak tahun 2013 namun baru benar-benar dijalankan pada 2016 lalu. Gagasan pembuatan Asgardia sendiri dilakukan oleh ilmuwan Rusia, Igor Ashurbeyli, bersama kalangan insinyur, pebisnis, dan juga pengacara.

Pembentukan Asgardia tidak hanya didasari oleh permintaan ruang tempat tinggal yang makin tinggi. Igor menjelaskan bahwa terdapat tujuan lain seperti menciptakan masyarakat yang damai, memudahkan akses ke teknologi luar angkasa, dan melindungi bumi dari ancaman luar seperti meteor hingga badai luar angkasa.

Semenjak dibentuk, di dalam situs resminya tercatat sudah ada 276 ribu penduduk bumi yang mendaftarkan diri untuk jadi warga negara luar angkasa ini. Hampir 6 ribu orang diantara para pendaftar tersebut merupakan warga asli Indonesia yang tersebar di kota Jakarta (855 orang), Bandung (343 orang), Surabaya (248 orang), Tangerang (240 orang), dan Bekasi (231 orang). Penduduk yang telah mendaftar juga tidak perlu mengkhawatirkan kewarganegaraannya di bumi, karena akan diberlakukan status kewarganegaraan ganda.

Seperti kebanyakan negara di bumi, Asgardia juga akan memiliki sistem pemerintahan yang didasari demokrasi. Para penduduknya yang disebut sebagai ‘Asgardian’ akan diajak memberikan suara untuk pembuatan dasar konstitusi negara.

 

Penulis : Gilang Fajar Septian

Editor : Hilel Hodawya

Sumber : Liputan6.com, Asgardia.space, Cnn.com

Foto : Asgardia.space