Dua “Giant Panda” Asal Tiongkok Segera Tiba di Tanah Air

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia bersama Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Sun Weide menyambut kedatangan dua "Giant Panda" asal Tiongkok ke Indonesia. Keduanya akan tiba pada Kamis (28/09/17) dan akan dikarantina di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Setelah sempat tertunda, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) mengkonfirmasi kedatangan dua panda berjenis giant panda dari Tiongkok. Kedua binatang yang menjadi ikon Negeri Tirai Bambu ini direncanakan sampai di tanah air pada Kamis (28/09/17) mendatang.

“Mewakili pemerintah China, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu proses ketibaan giant panda, termasuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI,” ujar PLT Duta Besar China, Sun Weide dalam konferensi pers persiapan kedatangan giant panda di kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, seperti yang diberitakan liputan6.com, Jumat (22/9/2017).

Kedatangan dua ekor panda ini sendiri diharapkan dapat mempererat hubungan bilateral antara pemerintah Indonesia dan Tiongkok. Selain itu, langkah pelestarian dan wisata satwa juga melatarbelakangi kerja sama ini.

Indonesia sendiri menjadi negara ke-16 yang menjalin kerja sama konservasi giant panda setelah Malaysia, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris.

“Saya berharap giant panda bisa senang dan sehat hidup dan membawa kegembiraan serta kebahagiaan kepada masyarakat Indonesia. Dan mempromosikan persahabatan rakyat Tiongkok dengan Indonesia,” tambah Wiede dikutip dari detik.com.

Kerja sama konservasi yang dilakukan antara PT Taman Safari Indonesia dan China Wildlife Conservation Association (CWCA) menggunakan sistem peminjaman (breeding loan) yang sebelumnya telah ditandatangani pada 1 Agustus 2016 lalu.

Dua giant panda tersebut akan dikarantina di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor. Keduanya bernama Cai Tao dan Hu Chun yang masing-masing berusia tujuh tahun.

Cai Tao yang memiliki makna ‘istimewa’ merupakan panda jantan dengan berat 128 kg. Sementara itu, Hu Chun sang panda betina berbobot 113 kg memiliki makna ‘danau musim semi’. Keduanya akan diangkut oleh Garuda Indonesia dengan pesawat penumpang Airbus A330-200 dari Bandara Chengdu, Tiongkok.

Penulis: Monique Oktaviannie

Editor: Christian Karnanda Yang

Sumber: liputan6.com, detik.com, tempo.co, tribunnews.com

Foto: tempo.co