Formula E akan Hadirkan Seri Balap Tanpa Kemudi

2014/2015 FIA Formula E Championship. London ePrix, Battersea Park, London, United Kingdom. Saturday 27 June 2015 Photo: Steven Tee/LAT/Formula E ref: Digital Image _L4R9821
Share:

TANGERANG, ULTIMAGZ.com — Setelah setahun Formula E mengadakan debut secara ekslusif, kompetisi yang berisi mobil – mobil bertenaga listrik ini akan merencanakan balapan mobil formula tanpa kemudi (driveless racing series). Jika terwujud, maka ini akan menjadi balapan formula tanpa kemudi yang pertama kalinya di dunia.

Seri balapan yang dijuluki Roborace ini, rencananya akan diadakan pada tahun 2016-2017. Dalam mewujudkan rencananya ini, Formula E menggandeng Kinetik, perusahaan yang secara khusus mengembangkan teknologi baru.

Kehadiran balapan driveless racing series ini akan memunculkan tantangan baru bagi para tim peserta balapan. Mereka akan dituntut untuk menciptakan  kecerdasan buatan canggih (artificial intelligent) yang mampu ditanamkan kedalam mobil formula.

Pembuatan artificial intelligent tersebut tentunya sangatlah tidak mudah, karena mereka harus membuat algoritma cerdas yang nantinya akan membuat sebuah mobil yang dilengkapi dengan piranti keras canggih dapat berperilaku sama halnya dengan manusia pengemudi balapan formula.

Seperti dilansir engadget.com, pihak Formula E menyatakan jika balapan Roborace ini akan melahirkan mobil balap berkecepatan hingga melebihi 186 mil per jam.

Sumber : engadget.com
Penulis : Elisabeth
Editor : Gregorius Aryodamar P
Foto : fiaformulae.com