Kenali Lebih Dekat Mobil Tanpa Kemudi ala Google

Share:

TANGERANG, ULTIMAGZ.com — Tak puas berdiam diri di bidang teknologi, Google pun merangkul dunia otomotif. Google menciptakan proyek otomotif untuk pertama kalinya dan menyebut proyek tersebut dengan nama Google Self-Driving Car Project.

Proyek otomotif ini mulai dikembangkan pada tahun 2009, dan prosesnya pun masih berjalan hingga saat ini. Dalam proyek tersebut, Google merancang sebuah mobil prototipe tanpa pengemudi yang aman dan cerdas.

Google telah menerapkan berbagai fitur canggih, seperti dengan pengintegrasian sensor dan software yang terbaru agar mobil ini mampu mendeteksi berbagai objek di sekelilingnya seperti manusia, dan kendaraan lainnya. Tak hanya mendeteksi keberadaan objek, mobil ini juga mampu mengenali pola pergerakan objek-objek tersebut.

Hal tersebut membuat mobil buatan Google ini terlihat lebih manusiawi. Pasalnya, mobil ini dapat mengenali manusia yang hendak menyebrang jalan, sehingga mobil akan berhenti sejenak hingga seseorang tersebut menyebrangi jalan. Selain itu, masih banyak standar keamanan berkendara lainnya yang sudah diterapkan di dalam sistem mobil.

Di sampingĀ mengutamakan keamanan, Google juga mengutamakan unsur ramah lingkungan. Hal ini bisa dibuktikan dengan penggunaan baterai elektrik sebagai penggerak mesin mobil. Desain mobil juga dibuat seminimalis mungkin, mengingat lahan parkir yang kian lama kian menipis di berbagai kota besar.

Percobaan demi percobaan juga telah dilakukan oleh Google dari hari ke hari. Banyak orang yang sudah terlibat dalam pengujian mobil ini. Enam tahun lebih lamanya Google telah menguji coba teknologi mobil tanpa awak ini di kota-kota besar seperti di Amerika Serikat dan Texas. Mobil yang berukuran mungil ini telah menempuh jarak lebih dari 1,2 juta mil dengan kecepatan sebesar 25 mph. Selama masa percobaannya di perkotaan, mobil ciptaan Google ini belum pernah mendapatkan kendala yang berarti.

 

Penulis : Elisabeth
Editor : Ghina Ghaliya
Foto : theguardian.com