Line Suguhkan Fitur Hapus Pesan yang Telah Terkirim

Line terus mengembangkan layanan sepanjang 2017 termasuk fitur hapus pesan yang sudah terkirim, akan rilis akhir tahun ini.
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Aplikasi jejaring sosial Line menyuguhkan fitur terbarunya, yakni menghapus atau menarik kembali pesan yang telah terkirim. Layanan tersebut dikabarkan akan mengeluarkan layanan tersebut pada Desember mendatang. Namun, belum diketahui pasti kapan fitur tersebut akan tersedia di Indonesia.

Sebagai bentuk promosinya, Naver Corporation melalui Line Jepang akan membuat kampanye pada Black Friday (24/11/17) guna mendukung fitur baru. Sebuah kompetisi berhadiah juga diadakan Naver mulai tanggal 16 – 24 November 2017 dengan sebuah tagar bahasa Jepang yang berarti ‘Pesan LINE yang salah kirim’. Peserta yang mengikuti kompetisi ini dapat berbagi kisahnya ketika mengirim pesan ke orang yang salah lewat Line.

Kesalahan saat terlanjur mengirim pesan akibat mengetik dengan tergesa atau kurang fokus memang kerap dialami oleh sebagian orang. Adanya layanan hapus pesan tanpa meninggalkan jejak tentu saja menjadi angin segar bagi mereka sehingga tidak perlu khawatir lagi salah mengirim pesan.

Pembaruan ini menyusul kompetitor Line, WhatsApp yang telah lebih dulu menghadirkan fitur serupa pada akhir Oktober lalu. Yang membedakan ialah WhatsApp hanya memberlakukan fitur hapus pesan untuk pesan yang dikirim dalam 7 menit terakhir. Sedangkan Line memberlakukan fitur ini untuk pesan yang dikirim dalam waktu 24 jam, seperti dilansir RocketNews24

Fitur hapus pesan juga sebelumnya telah dimiliki aplikasi jejaring sosial BlackBerry Messenger pada tahun 2014 silam. Menu ‘Retract’ pada aplikasi tersebut membantu pengguna menarik kembali sebuah pesan yang telah terkirim.

Sederet layanan baru telah diluncurkan Line sepanjang tahun 2017. Di antaranya video siaran langsung dalam obrolan grup, menu polling, mengirim semua jenis dokumen dengan mudah, sampai forum obrolan bernama ‘Square’.  Line juga memperbaharui menu ‘News Tab’ menjadi ‘Portal Tab’ yang memfasilitasi pengguna untuk mengetahui prakiraan cuaca, horoskop, informasi transportasi publik, serta informasi penting lain yang terhubung dengan layanan Line lainnya.

Line merupakan salah satu aplikasi favorit asal Korea Selatan yang paling banyak digunakan di daerah Asia. Dilansir infokomputer.grid.id, jumlah pengguna aktif bulanan per Maret 2017 di empat negara teratas yakni Jepang, Thailand, Taiwan, dan Indonesia berkisar lebih dari 171 juta pengguna. Sebanyak 72 persen di antaranya aktif memakai Line setiap hari.

Penulis : Nabila Ulfa Jayanti

Editor : Geofanni Nerissa Arviana

Foto : uzone.id

Sumber : breakingnews.co.id, tekno.rakyatku.com, kumparan.com, cnnindonesia.com, en.rocketnews24.com, help.bbm.com, mediajabar.com, infokomputer.grid.id