Mengenal Fitur End-To-End Encryption dari WhatsApp

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Pengguna WhatsApp Messenger yang telah memperbarui aplikasi tersebut ke versi terbaru, kini dapat menggunakan fitur message end-to-end encryption. Namun, apa fungsi dari fitur tersebut?

Message end-to-end encryption memungkinkan penggunanya untuk bebas berinteraksi dengan pengguna lain tanpa ada campur tangan dari third party atau pihak ketiga. Maksudnya, pengirim pesan tidak perlu takut jika isi pesan yang mereka kirimkan akan disadap. Dengan fitur ini, pemerintah, bahkan WhatsApp sendiri tidak dapat mengetahui pesan yang pengguna kirimkan.

Seperti namanya yaitu end-to-end encryption, WhatsApp menggunakan sistem enkripsi di mana message key setiap pesan yang dikirim berubah setiap saat.

Seperti dilansir dari Pcplus.co.id, dalam buku panduannya, WhatsApp menjelaskan bagaimana pesan tersebut dienkripsi. “Klien bertukar pesan yang dilindungi dengan Message Key menggunakan AES256 dalam moda CBC dan HMAC-SHA256 untuk otentikasi. Message Key berubah untuk setiap pesan yang dikirimkan, dan Message Key yang dipakai untuk mengenkripsi sebuah pesan tidak bisa direkonstruksi dari sesi tersebut,” tulis pihak WhatsApp.

[engguna tidak perlu melakukan pengaturan apapun untuk mengaktifkan fitur ini, karena secara otomatis akan aktif ketika pengguna mengunduh versi terbaru WhatsApp. Namun, pengguna tidak dapat me-nonaktifkan fitur tersebut.

w2_2782731a
Penjelasan mengenai end-to-end encryption.

WhatsApp mengembangkan fitur ini dengan tujuan memberikan perlindungan penuh bagi para penggunanya.

Fitur ini juga berlaku bagi semua aktivitas yang dilakukan oleh pengguna, mulai dari mengirim video, audio, gambar, group chat, hingga voice call. WhatsApp sudah merilis fitur ini sejak tahun 2014 lalu, namun pada saat itu, fitur ini hanya dapat dinikmati oleh para pengguna sistem operasi Android saja. Dan kini, pengguna sistem operasi iOS pun dapat menikmatinya.

Penulis : Nathania Zevwied Pessak

Editor : Alif Gusti Mahardika

Sumber : pcplus.co.id; ngonoo.com

Foto : thesun.co.uk; indianexpress.com