Ikonik, Nokia 3310 Resmi Hadir Kembali

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Salah satu seri ikonik Nokia, 3310, kini resmi hadir kembali di tengah masyarakat. Tidak sekedar melahirkan ulang ponsel yang sudah ada 17 tahun lamanya, 3310 kini hadir dengan layar warna 2,4 inci, beresolusi 240×320 pixel, serta baterai 22 jam talktime atau 31 hari standby.

Dalam perilisan ulang edisi legendarisnya, perusahaan kenamaan Finlandia ini meningkatkan serta menambahkan fitur yang tersedia dari sebelumnya termasuk gim snake yang lebih pixelated dibandingkan seri sebelumnya. Tentu saja, para penggemar akan tetap merasakan kesan ‘kuno’ dari ponsel agar dapat bernostalgia.

Akan tetapi, yang terbaru tidaklah selalu terbaik dalam segala aspek. Salah satunya dari segi desain. Seri compact berdimensi 113x48x22mm ini menggunakan bahan solid dengan berat 133 gram. Perubahan cukup signifikan dengan seri modern yang berdimensi 115,6x51x12,8mm berbobot 79,6 gram, nampaknya terkesan kurang ‘jantan’ dibandingkan edisi lamanya. Karena kini selubung ponsel tersebut bermaterialkan plastik glossy.

Meskipun lebih nyaman digenggam serta susunan tombol yang lebih tertata, Nokia 3310 modern dengan empat varian warna dasar ini tetap dianggap kalah dibandingkan desain selubung Xpress-On Nokia 3310 versi lamanya, yang dapat dimodifikasi berbagai pilihan warna.

Ditambah dengan jaringan 2,5G yang masih dipertahankan pada seri baru ini, hal ini turut mengecewakan para penggemarnya. Pasalnya, pada awal tahun 2000 jaringan belum mencapai 4G LTE. Sehingga fitur pesan singkat dan teleponlah yang diutamakan pada ponsel ini.

Namun, jangan langsung putus harapan. Seri terbaru ini mempunyai lapisan polarisasi di layarnya. Selain itu, terdapat USB mikro dengan Bluetooth 3.0, MicroSD, dan radio FM yang tidak terdapat pada seri lamanya. Ditambah, besarnya memori yang dapat ditingkatkan hingga 32 gigabyte melalui MicroSD.

Beruntung Nokia 3310 modern masih mempunyai keunggulan dalam hal konektivitas yang lebih beragam. Ponsel ini punya mikro USB dengan Bluetooth 3.0, dua hal yang tidak dimiliki Nokia 3310 jadul. Selain itu, Nokia 3310 versi modern juga memiliki fitur baru seperti mendukung MicroSD dan radio FM.

Fitur kamera juga tidak terabaikan dalam seri terbarunya. Meskipun terbilang kalah dengan ponsel pintar pada masa kini, namun dengan adanya kamera tunggal 2 megapixel dengan LED Flash dan speaker, akan menambahkan nilai guna ponsel yang dapat dibanderol cukup dengan Rp. 700.000,00 saja. Berbeda dengan seri lamanya yang menyentuh angka di atas satu juta.

Penulis: Gabrielle Alicia Wynne Pribadi

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: nokia.com, kumparan.com, theverge.com

Sumber: inet.detik.com, tekno.liputan6.com, cnnindonesia.com, tekno.kompas.com