Penemuan Bilangan Prima Terbesar Baru

Share:

MISSOURI, ULTIMAGZ.com – Pencarian bilangan prima terbesar baru akhirnya menemukan titik cerah. Dr. Curtis Cooper dari University of Central Missouri berhasil mengkalkulasi bilangan prima terbesar yang diketahui hingga saat ini. Bilangan prima tersebut terdiri dari 22.338.618 digit.

Seperti yang diketahui, bilangan prima adalah bilangan yang hanya habis dibagi oleh satu dan bilangan itu sendiri (2, 3, 5, 7, 11, 13, dst.) Keberadaan bilangan prima sangat bermanfaat di dunia teknologi, khususnya pada bidang enkripsi alias pengamanan pesan.

Sebelumnya, bilangan prima terbesar yang diketahui memiliki panjang lebih dari 17 juta digit (bilangan satuan memiliki satu digit, puluhan sebanyak dua digit, ribuan empat digit, dst.). Kali ini, ditemukan bilangan prima sepanjang 22.338.618 digit. Bilangan tersebut adalah angka 2 yang dipangkatkan 74.207.281 lalu dikurangi satu.

Potongan bilangan prima yang baru ditemukan
Potongan bilangan prima yang baru ditemukan

Great Internet Mersenne Prime Search (GIMPS) Project atau Proyek GIMPS yang bertujuan untuk mencari bilangan prima terbesar masih terus berusaha untuk menemukan bilangan prima yang lebih besar lagi. Hasil dari penelitian ini akan dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan enkripsi data.

Saat ini, bilangan prima yang digunakan untuk pengamanan masih sepanjang ratusan digit. Penggunaan bilangan prima dengan jutaan digit dinilai kurang efisien, namun tidak menutup kemungkinan suatu saat bilangan prima dengan jutaan digitlah yang dibutuhkan. Oleh karena itu, dengan bantuan teknologi yang perkembangannya kian pesat, Proyek GIMPS akan terus mencari bilangan prima terbesar lainnya guna membantu dunia teknologi.

Penulis: Monica Devi Kristiadi
Editor: Alif Gusti Mahardika
Sumber: BBC