Samsung Pay, Transaksi Alternatif Lewat Smartphone Samsung

Samsung Pay hadir dalam menyediakan layanan transaksi via ponsel secara perdana di Korea Selatan (20/8).
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Kebutuhan pasar dunia akan e-wallet alias dompet elektronik yang terus meningkat dari tahun ke tahun membuat Samsung akhirnya terjun ke ranah aplikasi transaksi via smartphone lewat Samsung Pay. Kehadiran Apple Pay, Android Pay, dan Paypal nyatanya tak membuat Samsung gentar memasuki pasar.

Aplikasi Samsung Pay ini telah diluncurkan di negara asalnya sendiri, yakni Korea Selatan pada 20 Agustus lalu. Bahkan, hanya dalam waktu dua bulan, pengguna aktif Samsung Pay telah mencapai lebih dari satu juta di Korea Selatan.

Pada edisi perdananya, Samsung Pay memang hanya diperuntukkan bagi pengguna smartphone Samsung Galaxy S6 Edge, S6, S6 Edge PluS, dan Galaxy Note 5. Namun, untuk tahun-tahun berikutnya seperti yang dilansir Reuters, Global Co-General Manager Samsung Thomas Ko menyatakan tidak hanya pengguna Samsung S6 dan Galaxy Note 5 saja yang bisa menikmati aplikasi ini. Samsung Pay nantinya dapat dinikmati juga oleh smartphone Samsung dengan kisaran harga yang lebih terjangkau.

Tingginya jumlah pengguna Samsung Pay di Korea Selatan tentunya tak terlepas dari kemudahan penggunaan aplikasi ini. Untuk bisa memanfaatkan Samsung Pay, Pengguna ponsel cukup mengunduh aplikasi dan mendaftarkan kartu kredit miliknya ke dalam aplikasi tersebut, lalu pengguna bisa melakukan transaksi hanya dengan mendekatkan ponselnya ke arah card reader toko. Verifikasi dari setiap transaksi yang dilakukan oleh pengguna masih menggunakan sidik jari penggunanya (fingerprint).

Adapun salah satu keunggulan dari Samsung Pay ialah aplikasi ini tetap mampu digunakan walaupun card reader tidak mendukung fasilitas NFC (Near Field Communication), artinya memungkinkan bagi Samsung Pay sendiri untuk lebih leluasa digunakan oleh para penggunanya secara lebih meluas.

Pihak Samsung sendiri rencananya akan melakukan ekspansi aplikasi ini ke Amerika dan Tiongkok pada 2016 mendatang. Belum ada pernyataan resmi dari pihak Samsung terkait tanggal rilis Samsung Pay di kedua negara tersebut.

 

Penulis : Elisabeth
Editor: Annisa Meidiana
Foto : engadget.com
Sumber : engadget.com, reuters.com, samsung.com