Usai Asteroid Halloween, Asteroid Natal Bakal Lintasi Bumi

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Setelah sebelumnya asteroid 2015 TB145, yaitu Asteroid Halloween melintasi bumi pada 31 Oktober silam, kini giliran asteroid 2003 SD220 yang diperkirakan akan melintasi bumi pada Kamis (24/12) mendatang. Asteroid 2003 SD220 dijuluki Asteroid Natal karena bertepatan dengan perayaan malam natal.

Berbeda dengan Asteroid Halloween yang muncul mendadak, Asteroid Natal telah dipantau oleh para astronom sejak ditemukan pada 29 September 2003 oleh Lowell Observatory Near-Earth Object Search (LONEOS) di Arizona. Salah satu hal menarik dari asteroid ini adalah ukurannya yang sangat besar, yakni dengan panjang sekitar 1.25 mil atau 2 km.

Beberapa media mengatakan bahwa fenomena ini dapat menyebabkan gempa dan membahayakan bumi, namun NASA menyangkal dugaan tersebut. Pasalnya, lintasan asteroid ini berjarak sejauh 11 juta kilometer dari bumi (kira-kira 28 kali jarak dari bumi ke bulan) dan pergerakannya cukup lambat. NASA mengatakan bahwa Asteroid Natal tidak akan berada pada jarak yang membahayakan hingga dua abad mendatang sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Melintasnya Asteroid Natal sangat dinantikan oleh para astronom untuk mengamati asteroid ini secara mendetail. Namun sayangnya, fenomena ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang lantaran jaraknya yang sangat jauh.

Akan ada dua penelitian di tempat yang berbeda dalam mengamati asteroid ini, yakni di Arecibo Observatory, Puerto Rico pada 3-17 Desember, dan di Goldstone Antenna, California pada 5-20 Desember. Asteroid Natal diprediksi akan kembali melintas pada 2018 mendatang.

 

Penulis: Monica Devi Kristiadi

Editor: Alif Gusti Mahardika

Foto: earthsky.org

Sumber: earthsky.org