WhatsApp Hadirkan Fitur Pinned Chat

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Aplikasi pengirim pesan instan WhatsApp akan segera menghadirkan fitur baru untuk memudahkan pengguna dalam memilah pesan. Setelah sebelumnya mendatangkan fitur ‘Status’ yang karakteristiknya mirip dengan fitur ‘Stories’ pada aplikasi Instagram dan Snapchat, kini WhatsApp akan ikut bersaing dengan fitur ‘Pinned Chat’.

Pinned Chat’ memungkinkan pengguna untuk menandai pesan yang diprioritaskan dalam ruang pesan WhatsApp. Dikutip dari detik.com, fitur ini disediakan bagi pengguna yang setiap harinya mendapat pesan melalui WhatsApp dalam jumlah banyak dan merasa kesulitan untuk menggulir pesan saat mencari pesan yang penting. Pesan yang telah ditandai akan selalu berada di posisi paling atas daftar percakapan sehingga tidak tertutup oleh pesan-pesan yang lain.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu menyentuh pesan yang ingin diprioritaskan dalam waktu yang cukup lama. Tak lama kemudian, ikon ‘Pinned Chat’ berbentuk pin yang menyerupai ikon pada aplikasi Pinterest akan muncul di sisi kanan pesan. Tekan ikon tersebut dan pesan akan otomatis menjadi pesan prioritas yang selalu berada di posisi atas dengan sendirinya.

Untuk fitur ini, WhatsApp membatasi penandaan pesan penting dalam percakapan hanya sebanyak tiga pesan. Untuk menandai pesan lain, pengguna harus melepas pin pada percakapan sebelumnya terlebih dahulu untuk menjadikan percakapan lain menjadi pesan prioritas.

Meskipun demikian, belum seluruh pengguna WhatsApp di dunia bisa memanfaatkan fitur ini secara bebas. Fitur ‘Pinned Chat’ baru akan tersedia di program beta WhatsApp versi 2.17.162 atau 163 untuk sistem operasi Android dan hanya bisa diakses oleh pengguna yang telah mendaftarkan dirinya menjadi pengguna resmi beta.

Belum ada pernyataan resmi dari WhatsApp mengenai waktu perilisan fitur ‘Pinned Chat’ untuk seluruh pengguna. Pengguna yang ingin segera bisa memanfaatkan fitur ini bisa mengakses versi beta melalui Play Store.

Penulis: Hilel Hodawya

Editor: Christian Karnanda Yang 

Foto: androidpolice.com

Sumber: detik.com, cnnindonesia.com, kompas.com