Pesona Pantai Melasti di Ungasan

Tebing di sekitar jalan menuju pantai Melasti, Ungasan, Bali.
Share:

UNGASAN, ULTIMAGZ.com – Pulau Bali selalu mempunyai tempat-tempat yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Buat kalian yang menyukai pantai, tempat yang satu ini akan menjadi pantai favorit baru kalian, yaitu pantai Melasti.

Pantai Melasti terletak di selatan Bali tepatnya di desa Ungasan, dan bersebelahan dengan pantai Bali Cliff. Lokasinya dapat ditempuh dari Jimbaran kurang lebih 15 menit. Saat ini, akses menuju ke pantai sudah ditata dengan baik. Terbukti adanya jalanan aspal menuju pantai yang melintasi jurang tinggi dengan ketinggian 100–150 meter dari permukaan laut.

Sama seperti pantai Pandawa dan pantai di sekitar Ungasan lainnya, pantai ini membuka peluang bagi wisatawan yang tengah berlibur di Bali untuk menikmati panorama pantai dari berbagai sudut pandang. Daya tarik dari pantai ini adalah pemandangan tebing-tebing dari gunung kapur yang sangat indah, juga pasir putih dan pemandangan lautnya begitu biru. Namun, belum nampak satu pun fasilitas umum tempat tujuan wisata seperti toilet maupun restoran.

Disebut sebagai pantai Melasti karena pantai ini sering dipakai untuk upacara Melasti (penyucian diri) oleh warga sekitar pada hari tertentu, misalnya sebelum hari raya Nyepi. Di pantai ini, terdapat anjungan yang menjorok ke tengah laut. Anjungan tersebut dipakai oleh masyarakat Bali untuk melakukan ritual nganyud (mengahanyutkan abu jenazah setelah proses pembakaran mayat).

Selain itu, tebing-tebing di jalan menuju pantai selalu menjadi daya tarik wisatawan dan juga lokasi favorit untuk berfoto. Nah, jika kalian berada di Bali, jangan lupa untuk mengunjungi pantai indah ini, ya Ultimates!

Reporter & Foto : Natalia Setiawan

Editor : Alif Gusti Mahardika