5 Destinasi Indah di Kota Laskar Pelangi

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Kota Laskar Pelangi, begitulah sebutan untuk Kepulauan Bangka Belitung. Dengan pesona baharinya yang indah, membuat Bangka Belitung menjadi destinasi wisata yang tepat bagi para pecinta laut. Provinsi yang merupakan gabungan antara pulau Bangka dan pulau Belitung memiliki karakteristik pantai yang landai dengan batuan granitnya. Tak hanya pantai, namun pulau-pulau disekelilingnya pun patut untuk dijadikan tujuan melepas penat.

Pantai Parai Tenggiri

Berjarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang, pantai ini merupakan pantai paling indah yang ada di Bangka Belitung. Karakteristik pantainya yang landai, ombak yang lembut, serta panorama yang eksotis terdapat seluruhnya di pantai ini. Jika suka dengan olahraga air, pantai ini menyediakan kegiatan seperti banana boat, parasailing, hingga snorkeling. Tertarik untuk mengunjungi pantai ini? Cukup dengan membayar sebesar 25 ribu rupiah saja untuk menikmati hari di pantai ini.

Alamat: Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka Belitung

Pantai Tikus

Pantai yang satu ini merupakan pantai yang masih tergolong alami di Bangka Belitung. Panorama indah pantai ini dapat dinikmati melalui bukit terjal dengan hamparan batuan granit dan air laut yang kebiruan. Di puncak bukit terdapat sebuah kuil peribadatan yang berbentuk bulat dan menjadi ciri khas di Pantai Tikus.

Alamat: Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung

Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk terletak di Bangka bagian Utara. Ciri khas dari pantai ini adalah ombaknya yang tenang dan tumpukan batu granitnya yang membentuk sebuah ceruk. Di pantai ini juga terdapat sebuah pulau yang menjadi favorit wisatawan karena berfungsi sebagai mercusuar. Untuk menyeberang ke pulau, kalian bisa menyewa perahu dengan kisaran harga 150 ribu rupiah hingga 250 ribu rupiah.

Alamat: Jl. Penyusuk, Belinyu, Bangka Belitung

Pantai Pasir Padi

Pantai ini merupakan pantai yang paling dekat jaraknya dengan Bandar Udara Pangkalpinang. Tempat wisata ini memiliki ciri khas, yaitu pasir pantainya yang menyerupai bulir padi, sehingga pantai ini dinamakan Pantai Pasir Padi. Untuk masuk ke pantai ini, tiket masuknya adalah sebesar 10 ribu rupiah per orang. Di kawasan sekitar pantai, tersedia fasilitas publik seperti hotel berbintang, restoran, hingga warung makan tersedia dalam jumlah yang cukup banyak di sana.

Alamat: Kec. Bukit Intan, Pangkalpinang, Bangka Belitung

Pulau Lengkuas

Salah satu yang khas dari pulau di Belitung ini adalah keberadaan mercusuar yang berusia sangat tua dan masih aktif hingga kini, yakni mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1882. Pesona memikatnya terdapat pada hamparan laut biru nan jernih dengan batuan granit yang mempesona.

Cukup dengan menaiki mercusuar setinggi 50 meter tersebut, kalian dapat menikmati pemandangan luar biasa di Pulau Lengkuas. Jika Anda terlalu lelah untuk sampai di puncak mercusuar, jangan khawatir sebab setiap lantainya memiliki jendela yang menghadap ke berbagai arah. Inilah alasan Pulau Lengkuas memiliki daya pikat yang selalu mengundang kedatangan wisatawan untuk dapat menikmati keindahannya.

Alamat: Kec. Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung

 

 

Penulis: Nathania Zevwied Pessak

Editor: Ghina Ghaliya

Sumber: initempatwisata.com

Foto: initempatwisata.com