Berakhir Pekan dengan Uang 100.000? Bisa!

Share:

BOGOR, ULTIMAGZ.com – Kegiatan kuliah yang padat serta memakan waktu dan biaya, keuangan yang terbatas, ditambah tingginya biaya hidup di kota menjadi salah satu alasan mahasiswa sulit mengambil keputusan untuk berlibur. Namun, tahukah kalian kalau liburan di luar kota tetap bisa dilakukan dengan hanya bermodalkan Rp100.000?

Pertama, tentukan destinasi wisata terdekat dengan harga terjangkau. Kota Bogor menjadi salah satu rekomendasi Ultimagz. Hal ini dikarenakan Kota Bogor merupakan salah satu kota yang berada di jalur KRL Commuter Line. Dari Stasiun Serpong menuju Stasiun Bogor hanya memakan biaya kurang dari Rp 10.000 Setelah sampai, Ultimates hanya perlu berjalan kaki menuju arah Istana Bogor dan Kantor Pos Indonesia. Tidak perlu menggunakan kendaraan umum, sebab jarak yang ditempuh relatif dekat. Bahkan, karena adanya Sistem Satu Arah (SAA) perjalanan akan jauh lebih panjang jika ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Ultimates cukup mengeluarkan kocek Rp15.000 untuk tiket masuk Kebun Raya Bogor, salah satu destinasi utama turis lokal maupun mancanegara. Wisata bekas peninggalan jajahan Inggris ini memiliki beragam tanaman yang tersebar di seluruh Indonesia, dan jika beruntung, kalian berkesempatan melihat mekarnya Amorphophallus titanum atau Bunga Bangkai yang merupakan bunga terbesar di dunia.

Tepat diseberangnya, Ultimates dapat mengunjungi Museum Zoologi yang sudah berdiri sejak 1920. Museum yang diisi dengan beragam fosil binatang ini dapat dijelajahi dengan gratis.

Bagi yang ingin mengisi perut dengan hidangan khas Bogor, jangan segan untuk bertanya ketika mengunjungi tempat makan. Sebab, teh hangat pada umumnya disediakan secara cuma-cuma. Untuk menempuh perjalanan lebih cepat, Ultimates dapat menggunakan angkutan kota seharga Rp3500 per penumpang dengan tujuan Jalan Surya Kencana. Jalan yang juga digunakan saat perayaan Cap Go Meh ini menyediakan beragam kuliner murah dan nikmat khas. Disana terdapat Soto Kuning Pak Salam  yang dipatok dengan harga sekitar Rp30.000 per porsi (tergantung pilihan isi soto). Mulai dijual pada pukul 16.00, soto ini hanya buka dalam dua hingga tiga jam saja per harinya. Sebab, banyak turis luar kota yang menjadikan kuliner ini menjadi salah satu santapan wajib ketika berkunjung ke Bogor.

Jika masih ingin membeli makanan untuk oleh-oleh, dari Jalan Suryakencana, naiklah angkutan kota hingga sampai Jalan Sukasari. Disana kalian dapat memberi Roti Unyil khas Bogor yang satunya dapat dibeli dengan harga Rp1500, dan biasanya dijual per 10 buah. Bagi kalian yang ingin mencicipi hidangan pencuci mulut, direkomendasikan untuk membeli Asinan Gedung Dalam dengan harga Rp20.000 – Rp25.000. Setelahnya, anda dapat menggunakan angkutan kota untuk kembali ke Stasiun Bogor.

 

Jika pengeluaran tersebut dikalkulasikan:

Tiket Kereta Pulang Pergi (PP) Stasiun Bogor – Serpong/Jakarta =  ± Rp15.000

Tiket masuk Kebun Raya Bogor = Rp15.000

Tiket masuk museum Zoologi = gratis

Angkutan Kota ke Jalan Surya Kencana = Rp3.500

Soto Kuning Pak Salam = Rp30.000

Angkutan Kota ke Jalan Sukasari = Rp3.500

Roti Unyil (10 buah) = Rp15.000

Asinan Gedung Dalam = Rp25.000

Angkutan Kota kembali ke Stasiun Bogor = Rp3.500

Pengeluaran tidak direncanakan (minum, dan lainnya) = Rp10.000

TOTAL: Rp95.500

 

Berdasarkan perhitungan diatas, dapat dilihat kalau refreshing ke luar kota tanpa harus mengeluarkan dana berlebih adalah hal yang mungkin untuk dilakukan. 

 

Penulis: Gabrielle Alicia Wynne Pribadi

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Belanga.id, Makanmakan.com, Republika.id