Bukan Dataran Tinggi, Tangerang Punya Destinasi Wisata Tebing

Salah satu spot favorit berfoto di Tebing Koja
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Tebing Koja Kandang Godzilla merupakan destinasi wisata cantik yang berlokasi di Kampung Koja RT 09/03, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. Tak hanya memiliki spot yang cocok untuk berfoto, untuk masuk ke tempat ini pun wisatawan hanya cuku membayar tiket masuk dua ribu Rupiah dan biaya parkir tiga ribu Rupiah.

Destinasi Tebing Koja merupakan kombinasi cantik dari batuan kapur yang dikelilingi kolam-kolam kecil, sawah dan ladang di sekitarnya. Keindahan Tebing Koja sendiri akan semakin terpancar kala wisatawan menikmati momen matahari terbit atau terbenam sambil ditemani embun dan kabut tipis yang semakin memberikan suasana pedesaan. Bagi pecinta fotografi, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan objek atau latar foto.

Tebing Koja mulai dikenal sejak pertengahan 2017 lalu. Kemunculannya di sosial media membuat banyak orang ingin tahu keindahan dari tebing yang berlokasi tak jauh dari ibu kota ini. Awalnya lokasi ini hanya dijadikan lokasi wisata dan pemotretan calon pengantin oleh warga sekitar.

Tebing Koja sendiri mendapat nama Kandang Godzilla karena ada salah satu bentuk menara batu kapur yang menyerupai Godzilla. Awalnya Tebing Koja tidak dibuat untuk tujuan wisata karena daerah terebut merupakan daerah penambangan pasir secara manual menggunakan cangkul yang dilakukan selama enam tahun. Hasil penambangan akhirnya menghasilkan tanah yang tergerus hingga lima sampai 10 meter. Karena sudah tidak produtif lagi, lahan itupun ditinggalkan oleh para penambang.

Tebing Koja dengan total luas dua hektar hingga saat ini masih dikelola oleh pemilik tanah yaitu keluarga Bapak Sarifudin. Ia memecah daerah tersebut menjadi lima untuk anak-anaknya dan mengelola daerah tersebut secara bersama-sama. Belum adanya keterlibatan Pemerintah Daerah (Pemda) membuat lokasi ini belum memiliki fasilitas untuk wisatawan. Baru ada satu pondokan yang didirikan di tengah sawah untuk tempat berteduh, sementara untuk toilet masih mengandalkan toilet milik warga sekitar.

Penulis: Ariefiani Elfrida Mastina Harahap

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: pegipegi.com

Sumber: pegipegi.com, mytrip.co.id, tangeranghits.com