Festival Nusa Penida 2017 Kedepankan Promosi Budaya Lokal

Para penari tarian Baris Jengkang yang akan ditampilkan saat pembukaan Festival Nusa Penida 2017 di Desa Jungutbatu, 6-9 Desember 2017.
Share:

SEMARAPURA, ULTIMAGZ.com – Setelah sempat ditunda sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Klungkung memastikan Festival Nusa Penida akan kembali digelar pada 6-9 Desember 2017 mendatang. Acara ini disiapkan sebagai ajang promosi pariwisata dan kekayaan budaya lokal di pulau yang terletak di timur pulau Bali tersebut.

“Kami tak ingin menonjolkan kesan pesta. Tetapi lebih mengenalkan kearifan lokal,” demikian ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang tidak ingin berfokus pada unsur hiburan semata, dilansir dari balipost.com

Ia menambahkan bahwa pelaksanaan festival dapat berlangsung lancar dengan menggali potensi yang ada sekarang. Pementasan seni budaya masyarakat Klungkung dan Nusa Penida akan diadakan dengan melibatkan para nelayan sebagai daya tarik utama.

Diadakan di Desa Jungutbatu, festival tahun ini akan lebih menonjolkan kekhasan kuliner serta bidang seni dan budaya sehingga dekat dengan masyarakat. Hal ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang mendatangkan artis Ibu Kota untuk menghibur penonton. 

Salah satu acara yang rencananya akan dilaksanakan adalah kampanye wahana perlindungan terumbu karang agar publik dapat menyatu dengan alam. Tak hanya itu beragam wisata laut seperti sailing, snorkeling, dan olahraga laut lainnya juga akan tersedia.

Sebanyak 1000 penari  juga dijadwalkan untuk menampilkan tari Baris Jengkang sebagai pembuka acara, dilanjutkan dengan beragam pertunjukan adat Bali.

Kepala Dinas Pariwisata Klungkung I Nengah Sukasta mengatakan pihaknya sedang menyiapkan rangkaian acara dengan melibatkan berbagai pihak serta masyarakat Nusa Penida.

“Kegiatan tersebut tertunda dari rencana semula 5-8 Oktober 2017, akibat meningkatnya status Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, sehingga Klungkung sebagai daerah tetangga terdekat sibuk penerima pengungsi,” ujar Sukasta pada Sabtu (04/11/17) lalu, dikutip dari antaranews.com. 

Setelah persiapan rampung, Festival Nusa Penida akan dipromosikan secara luas ke tempat-tempat wisata. Harapannya, promosi ini bisa menarik para wisatawan untuk datang dan menikmati festival yang menginjak tahun keempat penyelenggaraannya. 

Tahun lalu, perhelatan Festival Nusa Penida mengusung tema Exploring The Blue Paradise Islands dengan rangkaian acara wayang kulit Joblar dan live music. Selain itu, kegiatan bersih pantai, karnaval budaya, pementasan tari Sang Hyang Jaran, serta lomba perahu layar dan perahu layar mini turut diadakan. 

Penulis : Nabila Ulfa Jayanti

Editor : Christian Karnanda Yang

Foto : balitribune.co.id

Sumber : antaranews.com , tempo.co , balipost.com , kompas.com , triptrus.com , balitribune.com