Mencicipi The Halal Guys, Makanan Halal Fenomenal dari New York

Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Gerai makanan halal asal Amerika Serikat, The Halal Guys, secara resmi membuka gerai pertamanya di Indonesia pada Jumat (28/04/17) lalu. Berlokasi di lantai 5 Senayan City, Jakarta, pembukaan gerai ini disambut baik oleh masyarakat Indonesia, terlihat dari antrean panjang hingga ke luar gerai sepanjang mal buka setiap harinya.

Berawal dari banyaknya supir taksi imigran di Amerika Serikat yang kesulitan mendapatkan makanan halal dengan harga terjangkau, tiga orang imigran asal Mesir yakni Mohammed Abouelenein, Abdelbaset Elsayed, dan Ahmed Elsaka membuka gerai The Halal Guys pertama di West 53rd dan 6th Avenue, New York pada tahun 1990.

Di New York, The Halal Guys pertama dibuka dalam bentuk food truck di pinggir jalan. Orang-orang rela mengantre panjang dan menikmatinya di pinggir jalan.

Terdapat dua jenis sajian utama di The Halal Guys, yaitu platter dan sandwich. Platter yaitu sajian lengkap berupa brasmati rice, roti pita, sayuran, dan tentu saja gyro dalam satu piring. Gyro adalah daging sapi yang diolah seperti kebab dan diiris kecil-kecil. Platter tersedia dalam dua ukuran, yaitu regular dan large. Sedangkan sandwich berisi sama seperti platter, yang membedakan ialah penyajiannya dalam balutan roti pita.

Hal khas lainnya dari The Halal Guys ialah white sauce dan hot sauce. White sauce sekilas seperti mayones, rasanya asam manis dengan campuran yogurt yang nikmat. Bagi penggemar makanan pedas, hot sauce akan memanjakan lidah dengan rasanya yang dianggap sangat pedas. Dengan sedikit hot sauce saja, makanan sudah terasa cukup pedas.

Selain dua menu tersebut, The Halal Guys juga menyediakan extra protein, sauce, rice, dan falafel. Terdapat pula sajian lainnya seperti Hummus, Baba Ghanouji, Taboulah, Falafel, Fries, Chicken Fries, dan Beef Gyro Fries. Sebagai hidangan penutup, The Halal Guys juga menawarkan Baklava.

Dengan porsi yang terbilang besar untuk porsi makan orang Indonesia, platter reguler diberi harga Rp 55.000 dan large seharga Rp 80.000. Sedangkan sandwich yang hanya tersedia dalam satu ukuran bisa didapatkan dengan harga Rp 45.000.

Penulis: Geofanni Nerissa Arviana

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: beritagar.id