Mencicipi Ragam Kuliner Negeri Sakura

Ragam kuliner asal negeri sakura, Jepang.
Share:

JEPANG, ULTIMAGZ.com – Sudah tidak diragukan lagi bahwa hidangan asal Negeri Sakura, Jepang, menawarkan banyak makanan dan minuman yang lezat dan beragam. Kepopulerannya sudah merambah ke berbagai negara termasuk Indonesia. Namun, bila ada kesempatan untuk mengunjungi negeri asalnya, cita rasa otentik dari hidangan-hidangan berikut ini patut dicoba.

1. Butter Scallop

Hidangan “butter scallop” di salah satu kedai di Pasar Ikan Tsukiji, Tokyo, Jepang.

Hidangan laut merupakan salah satu bahan utama yang hadir dalam berbagai makanan khas Jepang. Hampir semua hidangan menggunakan makanan laut sebagai bahan utamanya. Demikian juga butter scallop ini. Tiram segar yang masih berada di dalam cangkang diberi satu potong mentega. Tiram dipanggang kurang lebih selama lima menit sambil dibakar menggunakan flame gun untuk melelehkan mentega. Tiram yang segar kemudian dinikmati dengan lelehan kuah mentega yang gurih.

2. King Crab

Salah satu kedai di Pasar Ikan Tsukiji yang menjual kepiting raksasa.

Masih seputar hidangan laut, kepiting raksasa adalah salah satu makanan laut yang relatif mudah didapat di Jepang. Datang saja ke pasar-pasar tradisional dan wisatawan bisa dengan mudah menemukannya. Untuk menikmatinya, bagian yang dijual adalah kaki kepiting. Potongan kaki tersebut hanya dibakar dan disajikan dengan kecap asin khas Jepang, shoyu. Secara mengejutkan, rasanya segar, lezat, dan bisa dibilang manis untuk ukuran daging kepiting.

3. Hidangan Matcha

Es krim rasa teh hijau di salah satu kios yang berlokasi di Pasar Kuromon, Osaka, Jepang.

Matcha atau teh hijau juga merupakan salah satu makanan Jepang yang sudah mendunia. Di negara asalnya, banyak olahan teh hijau yang bisa dinikmati. Es krim menjadi yang paling mudah ditemui di berbagai tempat. Mulai dari pasar tradisional sampai pusat perbelanjaan mewah, es krim matcha dapat mudah ditemukan. Selain es krim, banyak variasi lainnya seperti minuman teh hijau, cokelat, kudapan, dan mochi. Wisatawan juga bisa membeli bubuk teh hijau yang bisa digunakan sesuai selera.

4. Tonkatsu

Satu set lengkap tonkatsu di restoran Ganko yang berlokasi di Prefektur Nara, Jepang.

Tonkatsu merupakan potongan daging babi yang digoreng dalam balutan tepung roti. Rasanya renyah dan biasanya dipadukan dengan lauk gorengan lainnya seperti udang, ikan, bawang bombay, ubi jalar, dan masih banyak lagi. Begitu juga dengan pelengkap seperti nasi, sup miso, salad, serta bumbu kecap khas yang diracik sendiri oleh masing-masing restoran tonkatsu. Salah satu restoran tonkatsu yang paling terkenal dan patut dikunjungi adalah Ganko yang tersebar di banyak daerah di Jepang.

5. Mochi

Kudapan mochi berisi pasta kacang merah dengan tambahan stroberi di atasnya. Dijual di salah satu kios di Pasar Ikan Tsukiji, Tokyo, Jepang.

Mochi terbuat dari campuran tepung beras yang dibentuk bulat. Mochi memiliki beragam isian seperti selai, es krim beraneka rasa, dan salah satu yang paling populer di Jepang, pasta kacang merah. Di beberapa tempat juga diletakkan stroberi yang agak sedikit asam untuk mengimbangi rasa mochi yang manis dan teksturnya yang lengket dan pekat di mulut. Mochi pun juga mudah ditemui dengan ketersediaannya di dalam kemasan atau di kios-kios pinggir jalan.

Penulis: Christian Karnanda Yang

Editor: Hilel Hodawya

Foto: Christian Karnanda Yang