Meniti Anak Tangga ke Batu Caves

272 anak tangga yang membawa pengunjung ke Temple Cave
Share:

SELANGOR, ULTIMAGZ.com – 272 buah anak tangga akan membawa pengunjung sampai ke sebuah gua yang disebut Temple Cave. Gua dengan tinggi 100 meter berisi kuil-kuil Hindu, ditambah dengan stalakmit dan stalaktit serta lubang yang memancarkan sinar matahari ke dalam gua. Tak hanya itu, terdapat dua gua lainnya yakni Dark Cave dan Art Gallery Cave.

Semua ada di Batu Caves, sebuah situs kuil di Gombak, Selangor, Malaysia. Batu Caves terkenal dengan lokasinya yang tinggi di atas perbukitan kapur.

IMG_4539
Suasana di dalam Temple Cave yang remang

Batu Caves memiliki pemandangan yang dramatis dan menjadi salah satu destinasi wisata di Malaysia yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Terutama saat ada festival keagamaan Hindu Thaipusam.

Komplek Batu Caves terdiri dari beberapa kuil yang tersebar di beberapa area. Kuil-kuil ini merupakan tempat bagi para warga Malaysia yang beragama Hindu untuk beribadah dan ziarah. Maka selain turis, pengunjung juga didominasi oleh pemeluk agama Hindu yang berdoa dan berziarah.

Salah satu kuil yang berada di dalam Temple Cave
Salah satu kuil yang berada di dalam Temple Cave

Selain itu, salah satu daya tarik destinasi wisata ini adalah patung dewa kepercayaan agama Hindu, Dewa Murugan berwarna emas yang berdiri tegak setinggi kurang lebih 42 meter. Patung ini berada tepat di depan rangkaian anak tangga yang mengarah ke Temple Cave dan merupakan salah satu titik foto paling ramai. Patung ini merupakan salah satu penanda bahwa tempat suci ini dibangun dan didedikasikan untuk Dewa Murugan.

Patung Dewa Murugan berwarna emas setinggi empat puluh meter
Patung Dewa Murugan di bagian bawah kompleks Batu Cave

Batu Caves juga merupakan rumah bagi puluhan ekor monyet yang berkeliaran di seluruh area wisata. Banyak pengunjung yang berusaha memotret monyet-monyet tersebut atau berfoto bersama mereka.

Monyet Batu Caves
Salah satu monyet yang tertangkap kamera di area Batu Caves

Penulis : Christian Karnanda Yang 

Editor : Alif Gusti Mahardika

Foto : Christian Karnanda Yang