Nostalgia dengan Kaset di Jl. Cihapit Bandung

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Dewasa ini, layanan streaming musik merupakan salah satu cara yang paling digemari oleh masyarakat untuk mendengarkan lagu-lagu favorit mereka. Namun, bagi beberapa pencinta musik, mereka lebih memilih untuk tetap bernostalgia dengan sebuah kaset pita.

Oleh karena itu, masih terdapat beberapa toko kaset yang mampu bertahan hingga era modern ini, salah satunya di Bandung. Deretan toko yang terletak di Jl. Cihapit tersebut kerap dikunjungi oleh para penggemar musik dari berbagai kalangan.

Menurut Oding Turiat, salah satu penjual kaset di tempat tersebut, hampir setiap hari pengunjung meramaikan toko yang ia dirikan sejak tahun 1987 itu. Mereka bertujuan untuk mencari musik tepatnya dari era 1960 hingga 2000-an.

“Biasanya yang datang biasanya mencari lagu-lagu lama yang sulit ditemukan lagi di toko ataupun dicari di internet,” ujarnya seperti yang dikutip antaranews.com.

Oding menyediakan kaset dari berbagai macam musisi dan band lokal maupun internasional. Musik dari band rock klasik seperti Metallica, Nirvana, dan The Beatles merupakan musik yang paling banyak dicari oleh para pelanggan. Sementara musik dangdut, terutama oleh muses Rhoma Irama dan Elvi Sukaesih, merupakan musik paling populer dari segi lokal.

“Bahkan penyanyi lokal Rhoma Irama dan Elvi Sukaesih masih banyak diburu. Karena banyak peminat, saya kesulitan juga cari barangnya. Kalau ada biasanya langsung laku. Malah banyak yang sudah antre mau pesan,” kata dia,” tuturnya.

Tak hanya pengunjung lokal, Oding mengaku pernah mendapatkan pengunjung luar negeri asal Belanda yang datang ke tokonya untuk membeli kaset musik lagu-lagu tradisional Indonesia. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan untuk mempelajari budaya Indonesia secara lebih dalam.

“Mungkin mereka lebih paham kalau lewat lagu. Di sana kan juga ada bahasa-bahasa daerahnya,”

Selain itu, kaset-kaset tersebut ia jual dengan kisaran harga Rp5,000 hingga Rp10,000.

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Hilel Hodawya

Foto: jabar.tribunnews.com

Sumber: antaranews.com, detik.com, thejakartapost.com