Padang Rumput Gunung Bromo Terbakar

Kebakaran terjadi di padang rumput kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, Senin (11/09/2017). Belum diketahui pasti penyebab kebakaran lantaran tim BB TNBTS masih fokus melakukan pemadaman.
Share:

MALANG, ULTIMAGZ.com – Sabana (padang rumput) di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur yang biasa disebut “Bukit Teletubbies” terbakar, Senin (11/09/17). Kebakaran terjadi sekitar pukul 11.00 WIB yang awalnya diketahui oleh wisatawan yang berkunjung di sekitar daerah tersebut.

Pemadaman sudah diupayakan oleh tim Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) bersama relawan, warga, TNI, dan Polri yang berjumlah lebih kurang 90 orang. Salah satu upaya yang dilakukan oleh tim ialah dengan membuat sekat bakar.

“Kami berupaya melokalisir penyebaran dan pemadaman api. Ini adalah kebakaran pertama di tahun ini,” ujar Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas BB TNBTS Sarif Hidayat seperti dikutip Liputan6.

Tim BB TNBTS sempat mengaku kesulitan memadamkan api. Hal ini dikarenakan cuaca yang panas dan kering sehingga justru membuat api menjalar dengan cepat. Area yang terbakar pun semakin luas. Selain itu, keterbatasan alat juga menjadi kendala dalam memadamkan api.

Hingga Senin malam, belum diketahui secara pasti luas area yang terbakar karena api belum sepenuhnya padam. Api yang berada di padang datar sudah mulai padam, tetapi masih ada api yang menjalar hingga ke tebing.

“Belum tahu luasannya berapa. Teman-teman masih melakukan pemadaman awal. Jadi belum bisa diprediksi luasannya berapa. Nanti setelah itu baru diketahui. Kami fokus pengendalian dulu,” kata Sarif seperti dilansir Kompas.com.

Selain luas area yang terbakar, penyebab terbakarnya sabana di kawasan Gunung Bromo ini juga belum diketahui. Namun, Sarif menduga kebakaran terjadi karena kelalaian pengunjung.

“Masih dugaan, (kebakaran) karena kelalaian pengunjung atau masyarakat,” katanya.

 

Penulis: Geofanni Nerissa Arviana

Editor: Hilel Hodawya

Foto: tribunnews.com

Sumber: kompas.com, liputan6.com, tribunnews.com